Jangan Anggap Remeh, 5 Nutrisi Ini Harus Anda Penuhi saat Diet

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 06 481 2101329 jangan-anggap-remeh-5-nutrisi-ini-harus-anda-penuhi-saat-diet-3EcyyCqFWq.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Banyak orang yang jatuh sakit saat menjalankan program diet. Biasanya, mereka kekurangan sejumlah nutrisi esensial karena harus menghindari beberapa jenis makanan.

Nah, agar diet Anda berjalan lancar tanpa harus mengorbankan kesehatan tubuh, berikut Okezone rangkum 5 nutrisi yang harus Anda penuhi setiap hari. Seperti dilansir dari The Daily Meal, Jumat(6/9/2019).

Kalsium

Semua orang tahu kalsium membantu menguatkan tulang di dalam tubuh. Tapi tahukah Anda, nutrisi ini juga ampuh memaksimalkan fungsi otot dan melancarkan aliran darah?

Oleh karena itu, sangat penting mendapatkan asupan kalsium yang cukup, terutama bila Anda tengah melaksanakan program diet. Namun bila Anda alergi mengonsumsi produk dairy, kalsium bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti kacang almond, brokoli, dan jeruk.

 Sayuran hijau

Serat

Nutrisi yang tidak kalah pentingnya saat diet adalah serat. Nutrisi ini cenderung mudah didapatkan, termasuk bagi Anda uang menerapkan program diet vegetarian atau plant based.

Serat bisa didapatkan dari berbagai jenis sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangannya. Fungsi nutrisi ini adalah untuk memperlancar pencernaan.

Zat besi

Mereka yang menjalankan program diet kerap terseramg anemia. Ini karena asupan zat besi ke dalam tubuh sangat kurang. Menurut penelitian, wanita memiliki risiko anemia 20% lebih tinggi dibandingkan pria. Maka dari itu, bila Anda mulai merasakan gejala-gejala anemia seperti demam, dan lain sebagainya, segera konsumsi makanan mengandung zat besi. Nutrisi ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi bayam, brokoli, ikan, tofu, kacang-kacangan, dan daging merah.

 Kacang-kacangan

Magnesium

Magnesium adalah nutrisi paling penting dan sangat dibutuhkan tubuh, terutama bagi Anda yang sedang diet. Nutrisi ini menjaga tekanan darah, detak jantung, dan memperkuat tulang. Magnesium biasanya terkandung dalam beberapa jenis makanan seperti sereal, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau.

Potassium

 Buah

Bila Anda bertanya makanan apakah yang paling banyak mengandung potassium, sebagian orang pasti akan menjawab pisang. Tapi jangan salah, nutrisi ini juga bisa ditemukan pada sejumlah bahan makanan seperti alpukat, yogurt, ubi, dan beberapa jenis biji-bijian. Perlu diingat bahwa tubuh membutuhkn asupan potassium sebanyak 4.700 milligram. Nutrisi ini sangat penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah usus buntu (penyakit yang paling sering dialami pelaku diet).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini