nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Cegah Cedera, Olahraga Pilates Atasi Nyeri Sendi dan Otot

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 19:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 06 481 2101600 selain-cegah-cedera-olahraga-pilates-atasi-nyeri-sendi-dan-otot-dHF4QxgyaN.jpg Olahraga pilates atasi nyeri sendi dan otot (Foto : Boldsky)

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar memang bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan body awareness agar bisa rutin dan mendapatkan tubuh sehat. Salah satu cara agar semakin sadar akan body awareness adalah olahraga pilates.

Hal ini diungkapkan oleh Founder Pilates Soul, Dini Suryani. Menurutnya olahraga pilates bisa membentuk seseorang untuk semakin sadar akan body awareness. Mereka bisa melatih otot bagian tubuh sesuai dengan olahraga yang mereka sukai.

Hal ini tentu bertujuan untuk menghindari otot tubuh menjadi rusak atau cedera pada saat berolahraga. Selain itu pilates juga bisa dapat membuat tubuh menjadi lebih lentur dan fleksibel melalui beberapa gerakan-gerakan tertentu.

olahraga pilates

Olahraga pilates bisa meningkatkan body awareness untuk mencegah tubuh menjadi rusak atau cedera. Jadi pilates seperti tindakan preventif untuk menghindari cedera saat kita melakukan olahraga yang kita minati. Selain itu gerakan pilates juga bisa meningkatkan fleksibilitas,” terang Dini, dalam Launching Pilates Soul, Jumat (6/9/2019).

Tak hanya berfungsi sebagai tindakan preventif untuk menghindari cedera, berlatih pilates juga mampu menyembuhkan cedera otot dan sendi. Dini mengaku sebagian besar kliennya datang dengan keluhan mengalami backpain.

sakit leher

“Banyak orang yang mengeluh backpain, skoliosis, knee problem dan sering sakit leher disertai pusing. Ada juga yang tidak bisa berdiri lama-lama. Ada yang duduk dan tak bisa langsung bangun. Ada yang sujud tapi susah bangun,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Dini mengatakan bahwa ia selalu menanyakan kondisi fisik kliennya sebelum melakukan pilates. Hal ini dilakukan untuk melakukan screening mengenai apa saja masalah yang ada pada tubuh kliennya.

konsultasi ke dokter

“Kita selalu tanya setiap ada klien yang datang mengenai problem yang ada di badannya, pekerjaan apa yang ia lakukan dan olahraga kegemarannya. Dari situ saya akan menyuruhnya melakukan gerakan untuk mengetahui masalah apa saja yang ada pada tubuhnya,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini