Kisah Driver Ojol Tri Rahayu, Banting Tulang hingga Alami Pelecehan di Solo

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 08 September 2019 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 06 612 2101479 kisah-driver-ojol-tri-rahayu-banting-tulang-hingga-alami-pelecehan-di-solo-81DrJP0sRm.jpg Tri Rahayu (Foto: Ist)

Terik matahari dan dinginnya malam di ruas jalan menjadi saksi hidup seorang wanita tangguh yang satu ini. Adalah Tri Rahayu seorang wanita berusia 46 tahun yang mengadu nasib menjadi pengendara ojek online (ojol) sejak 14 bulan lalu. Suka duka pun dirasakan oleh Tri ketika pertama kali memutuskan untuk mencari rezeki di tengah kehidupan jalanan yang keras.

Wanita tangguh ini lahir di Kebumen dan pernah merasakan ganasnya ibu kota selama tujuh tahun. Meski demikian rasa sayang seorang ibu kepada anaknya membuat Tri memutuskan untuk melakukan perjalanan pulang pergi ke Solo untuk menemui sang buah hati. Hingga pada Juli 2018, ia memutuskan untuk pindah ke Solo agar bisa lebih dekat dengan anaknya.

Pindah menuju Solo membuat wanita ini harus memutar otak mencari cara demi bisa melanjutkan hidup. Hingga dua bulan kemudian, ia akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan salah satu perusahaan ojol di wilayah Solo.

Laki-laki dan perempuan

Tentunya dengan kondisi yang sudah tidak muda lagi, menjadi rider jalanan bukanlah tugas yang mudah bagi Tri Rahayu.

Ia mengaku pernah mengalami kecelakaan ketika sedang bertugas. Kala itu Tri memaksakan diri untuk terus bekerja di tengah kondisinya yang sedang kurang fit. Desakan ekonomi seorang single parent yang memaksanya untuk terus mengumpilkan pundi-pundi rupiah. Hingga akhirnya tubuhnya harus menyerah pada penyakit yang membuatnya mengalami kecelakaan.

“Waktu itu saya sedang sakit tapi tetap memaksa untuk mencari uang. Jadi saya pingsan di atas motor dan mengalami luka sobek di sekitar pelipis kiri.

Pelipis saya pun akhirnya dijahit sebanyak sembilan jahitan di rumah sakit setelah mendapatkan pertolongan dari masyarakat sekitar,” ujar Tri.

Tak hanya kerasnya kehidupan jalanan yang pernah di alami oleh Tri selama menjadi pengendara ojek online. Wanita yang Oktober nanti genap berusia 47 tahun itu juga pernah mengalami pelecehan ketika bertugas mengantarkan makanan kepada pelanggannya. Kala itu ia ditertawakan tanpa sebab oleh beberapa orang yang melayani orderannya.

“Saya pernah ditertawakan ketika sedang mengambil order makanan makanan. Tapi ketika ditanya penyebab mereka menertawakan saya, mereka justru tidak mau menjawabnya. Hingga akhirnya teman dari komunitas saya datang dan mempertanyakan mengapa mereka menertawakan saya tanpa sebab. ‘Apakah karena saya perempuan?’. Pokoknya teman komunitas yang selalu membantu saya saat kesulitan,” lanjutnya.

 Laki-laki dan perempuan

Kegigihan Tri dalam menggeluti pekerjaannya memang patut diacungi jempol. Keberanian dan ketekunan yang dimilikinya lebih tangguh daripada semangat yang dimiliki anak muda. Terbukti dalam sehari Tri pernah mendapatkan order lebih dari 35 trip. Kondisi terik maupun hujan pun diterjang tanpa rasa takut oleh wanita tangguh ini.

“Kalau akun saya bagus bisa 21 order sehari. Saya juga pernah mendapat 25 trip, kadang saya ke Jogja bisa 25-35 trip. Paling jauh mengantar penumpang dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara Jogja. Saya juga pernah punya pengalaman ganti handphone sebanyak empat kali karena kehujanan,” sambungnya.

Meski bekerja di jalanan yang biasa didominasi oleh kaum adam terlihat sangat berisiko, namun Tri memiliki pengalaman menarik tentang tingkah lucu para penumpangnya.

Postur tubuh Tri yang kecil dan mungil sesekali membuat penumpang yang bertubuh besar menjadi minder dan was-was saat melihatnya. Alhasil beberapa penumpang meminta izin untuk membawa kuda besi miliknya.

“Pernah ada cerita lucu. Dari Kartosuro dapat order penumpang pria dengan tubuh gemuk. Karena dia minder dengan postur tubuhnya, akhirnya penumpang tersebut minta izin untuk bawa motornya. Pernah ada juga customer cewek mau ke Kaliurang, tapi dia minta yang bawa karena badannya gemuk,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini