Pengakuan Slamet yang Rezeki Tempat Usahanya Tertahan Pohon Besar Milik Tetangga

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 07 September 2019 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 06 612 2101492 pengakuan-slamet-yang-rezeki-tempat-usahanya-tertahan-pohon-besar-milik-tetangga-b6UAD2y6li.jpg Ilustrasi (Foto: Thespruce)

Setiap manusia pasti memiliki rumah maupun tempat usaha sesuai dengan idaman. Meski demikian, membangun sebuah bangunan bukan hanya berdasarkan keinginan semata namun harus mengikuti aturan feng shui yang tepat. Feng shui inilah yang nantinya akan memengaruhi rezeki si pemilik bangunan.

Seperti kisah Slamet (nama samaran) yang rezeki tempat usahanya terhalang oleh adanya sebuah pohon besar yang posisinya tidak jauh dari depan pintu bengkelnya. Sebagian orang mungkin akan sulit untuk memercayainya, namun hal inilah yang benar-benar terjadi.

Sebagaimana diketahui, feng shui adalah ilmu tata ruang yang mempelajari energi Qi. Tujuannya adalah membuat energi yang ada di lingkungan menjadi merata dan harmonis. Harmoni itu nantinya akan meningkatkan sense of home.

 Rumah dan pohon

Singkat cerita tempat usaha yang dimiliki oleh Slamet sudah ada sejak 2003 silam. Tempat usaha tersebut awalnya telah didesain dengan segala macam perhitungan oleh salah satu pakar feng shui asal Banyuwangi. Terbukti rejeki berhasil mengalir lewat usaha angkutan umum (angkot) yang dijalani.

“Awal desain tempat usaha telah nanya ke ahli feng shui di Banyuwangi. Semuanya sesuai dengan tata letak yang disarankan. Saat itu pintu sengaja dibuat ke arah timur yang mengarah ke jalan yang agak kecil. Semuanya berjalan dengan baik sesuai dengan harapan,” ucap Slamet.

Namun, seiring berjalannya waktu pohon yang ditanam tetangga di seberang tempat usaha Slamet mulai tumbuh besar. Hingga akhirnya mulai menutupi pintu yang letaknya sejajar dengan pohon tersebut. Meski sebenarnya masih terpisahkan oleh jalan yang mampu dilewati oleh satu mobil dan satu motor bersamaan.

“Pohon ini tumbuh sejajar di tempat usaha saya. Sebenarnya secara fungsional tidak mengganggu kinerja pintu sih. Tapi jika di lihat dari arah jalanan, pintu saya menjadi tidak terlihat karena terhalang pohon. Pohonnya cukup rimbun karena punya tetangga,” lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, menurut feng shui yang baik pintu rumah atau tempat usaha harus selalu bersih dan tidak ada satu pun benda yang menghalangi di depannya. Benda yang menghalangi di depan pintu rumah disinyalir bisa menghalangi rezeki yang masuk dari pintu utama.

Terbukti sejak beberapa waktu lalu, pendapatan Slamet menurun daripada biasanya. Di samping usahanya yang sudah mulai kalah bersaing dengan hadirnya ojek online, kehadiran pohon tersebut juga turut berpengaruh pada rezeki sang pemilik.

“Dulu waktu pohonnya masih kecil usaha angkot dan cucian mobil masih lumayan lancar. Sekarang pohonnya udah agak besar jadi makin sepi. Mungkin karena orang nggak bisa lihat ada pintu di balik pohon itu, jadi kelewatan pas lagi jalan,” sambungnya.

Beberapa usaha pun telah dilakukan Slamet, salah satunya adalah dengan membersihkan arena sekitar lapangan tempat pohon itu berdiri. Selain itu beberapa ranting pohon yang sudah melewati batas juga dipangkas agar terlihat lebih rapih dan bersih. Namun, Slamet tidak bisa untuk menebang pohon itu dengan sembarangan karena milik tetangga.

“Biasa sih saya bersihkan daun-daun kering yang berjatuhan beserta rumput-rumputnya. Kadang saya pangkas juga ranting yang mulai menutupi jalan. Tapi kalau soal nebang pohon, saya gak berani. Harus minta izin dulu sama yang tanam, karena ini milik tetangga,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini