nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Aturan Feng Shui Rumah agar Nyaman Dihuni

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 07 September 2019 16:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 07 196 2101887 8-aturan-feng-shui-rumah-agar-nyaman-dihuni-2nYWocwm6P.jpg Feng Shui rumah agar nyaman dihuni (Foto : Oprah)

Beberapa orang ada sebelum membangun rumah akan mencari tahu tentang feng shui. Tujuannya agar tidak salah mengatur denah rumah karena berkaitan dengan energi.

Tentunya mereka ingin bangunan tersebut memiliki energi positif sehingga nyaman untuk ditinggali. Okezone mencoba berkonsultasi dengan ahli feng shui, Jenie Kumala Dewi.

Melalui pesan elektronik, pemilik akun Instagram @JenieFengShui itu, ada 8 hal aturan feng shui yang tidak boleh diabaikan ketika membangun rumah. Berikut ulasannya seperti yang dirangkum, Sabtu (7/9/2019):

1. Pintu utama sebaiknya besar dan lebar serta tidak terhalang apapun.

2. Pintu belakang tidak disarankan lebih besar dari pintu utama. Begitu juga dengan semua pintu lain yang sebaiknya jangan lebih besar dari pintu utama. Selain itu, usahakan posisi pintu utama tidak satu garis lurus dengan pintu belakang. Sebab hal itu dapat membuat energi dengan cepat mengalir ke luar rumah tanpa terserap oleh ruangan lain.

Feng Shui rumah bagus

3. Hindari pembangunan tiang berdiri di tengah-tengah ruangan di dalam rumah.

4. Jangan banyak kamar mandi dalam rumah. Hindari pula kamar mandi di dalam kamar tidur.

5. Jangan ada kolam atau sumur di tengah rumah

6. Jangan meletakkan tangga, dapur, dan toilet di tengah rumah. Bagian tengah rumah dari segi feng shui adalah jantung dan disebut titik yin-yang sehingga menerima energi paling banyak. Oleh karenanya letak kamar mandi dan tangga di tengah rumah dianggap buruk dari sisi feng shui. Bagian tengah rumah sebaiknya dibiarkan terbuka sehingga terlihat lapang, penuh keindahan, dan ringan.

7. Tangga penghubung lantai sebaiknya tidak terlihat dari pintu utama. Dalam feng shui, pintu utama adalah The Mouth of Chi. Oleh karenanya, pintu utama berperan besar dalam proses penyerapan energi di dalam rumah. Apabila ada tangga yang langsung menghadap atau terlihat pintu utama, energi bisa langsung pergi ke salah satu lantai yang lebih rendah atau lebih tinggi. Akibatnya, lantai utama tidak memiliki energi.

Feng Shui kAMAR

8. Kamar tidur sebaiknya terang, tidak terhalang, dan tidak kotor dengan tumpukan barang. Penerangan yang cukup membuat ruangan terasa lebih luas. Jangan halangi sinar matahari alami masuk ke ruangan. Semakin banyak cahaya masuk, maka ruangan akan terasa lebih lapang.

Selain 8 aturan di atas menurut Jenie Feng Shui, masih ada 8 hal lainnya yang bisa menjadi panduan membangun rumah. Apa sajakah itu?

1. Denah ruang

Denah Ruangan

Sebuah rumah sebaiknya tidak memiliki banyak sekat ruangan karena bisa menghambat aliran energi dan hanya berputar di sudut ruangan. Buatlah denah ruang yang open space atau minim dinding sehingga rumah terasa lebih luas dan nyaman ditempati. Energi juga jadi mengalir dengan seimbang dan teratur ke seluruh ruangan.

2. Kamar tidur

kamar tidur

Kunci utama dalam feng shui kamar tidur adalah peletakan ranjang yang tepat. Hindari peletakkan kepala ranjang tempat tidur yang menghadap langsung ke pintu atau berada di sisi tepat jendela terpasang. Selain itu, ranjang tidur harus diletakkan sejajar dengan pintu. Bisa ditambahkan cermin di sisi area yang kosong agar ada aliran energi yang harmonis ke seluruh ruangan.

3. Koridor

fengshui rumah

Dalam feng shui, koridor sering menjadi simbol kesialan, penyakit, dan kematian tak terduga. Oleh karenanya sebisa mungkin hindari koridor di dalam rumah. Kalaupun terpaksa dibangun, usahakan ukurannya lebar.

4. Ruang kerja

Feng Shui Ruang Kerja

Bagi yang membangun ruang kerja, hindari posisi meja kerja yang membelakangi pintu. Sebab hal itu dipercaya dapat menurunkan produktivitas. Meja kerja harus berada menghadap pintu agar pekerja bisa merasa konsentrasi dan terlindungi.

5. Dapur

dapur bersih

Dalam feng shui, dapur sering dianggap sebagai ruangan yang berenergi negatif. Alasannya karena energi mungkin terjebak di peralatan masak dan laci. Untuk mengatasinya, cegah peralatan dapur berkarat, dan buat kitchen set serta wastafel tetap bersih cemerlang.

6. Bau

ruang tamu

Pastikan di setiap sudut ruangan ada wewangian tambahan. Bisa juga dengan membuka ventilasi rumah. Tujuannya, agar aliran udara tetap segar dan menimbulkan perasaan nyaman ketika berada di dalam ruangan.

7. Warna

rumah cerah

Menurut feng shui, pilihlah warna cat yang cerah agar tidak terasa membosankan. Warna yang bisa dipilih melambangkan elemen api atau elemen kayu.

8. Taman

feng shui taman

Beberapa rumah ada yang memiliki taman. Menurut feng shui, taman yang baik harus tertata rapi dan dihiasi sejumlah jenis tanaman. Tanaman berdaun lebar dan jenis bambu-bambuan dipercaya bisa meningkatkan kesehatan serta energi yang mengalir di teras rumah.

1
4

Berita Terkait

Feng Shui

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini