nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Tips Kurangi Rasa Sakit saat Pertama Kali Berhubungan Seksual

Ade Charisma, Jurnalis · Senin 09 September 2019 00:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 08 485 2102234 8-tips-kurangi-rasa-sakit-saat-pertama-kali-berhubungan-seksual-CWygPSgoA0.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Bagi kalian para wanita, berhubungan seksual yang pertama kalinya akan membuatmu penasaran apakah seindah seperti yang kamu dengar selama ini atau khawatir apakah akan terasa sakit untuk pertama kalinya. Tentunya kalian harus mengantisipasi hal-hal tersebut pada saat berhubungan seksual di malam pertama.

Hubungan seks membutuhkan proses pembelajaran yang panjang, namun hubungan seks pertama kalinya adalah hal yang tidak bisa begitu saja di sepelekan. Sedikit rasa tidak nyaman di awal dan rasa sakit yang tak terhindarkan akan kamu rasakan saat awal melakukannya, bahkan apabila kamu tidak membekali diri, pengalaman berhubungan seksual pertamamu mungkin akan terasa sangat menyakitkan.

 Laki-laki dan perempuan

Untuk itu, lakukan beberapa tips untuk mengurangi rasa sakit saat pertama kali berhubungan seksual dilansir dari Pandagossips:

1. Gunakan pelumas

Menggunakan pelumas adalah ide yang bagus, karena saat melakukan hubungan seks pertama kalinya, vaginamu dalam keadaan yang masih sangat rapat dan kemungkinan akan terasa sakit saat pertama kali penetrasi.

Bagi seorang perawan, seks pertama kali juga berarti pecahnya selaput dara. Namun banyak juga wanita yang memecah selaput dara mereka sebelum berhubungan seks pertama kalinya karena selaput dara bisa robek dengan sendirinya saat terjatuh ataupun saat berolahraga yang berat.

Namun jika selaput dara masih utuh, maka mungkin akan ada pendarahan saat melakukan penetrasi untuk pertama kalinya. Ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan bagi kalian para wanita.

Untuk itu dengan menggunakan pelumas dalam bentuk petroleum jelly akan membantu meringankan Mr P untuk masuk ke dalam vagina dengan mudah dan mengurangi rasa sakitmu akibat terlalu banyaknya gesekan yang kamu rasakan. Kamu juga bisa menggunakan pelumas di bagian dinding vaginamu.

2. Mintalah pada pasanganmu untuk melakukannya dengan lembut

Hubungan seks yang pertama kali akan dirasakan berbeda bagi pria dan wanita. Meskipun pada awalnya pria atau wanita akan bergairah saat berhubungan seks pertama kali, namun bagi wanita, kemungkinan akan merasakan sakit saat penetrasi dilakukan dan mungkin wanita sulit mencapai orgasme karena rasa sakit pada vagina.

Untuk itu ingatkanlah pasanganmu bahwa ini pertama kalinya bagimu dan mintalah dia untuk melakukannya dengan secara lembut dan perlahan. Setelah mengoleskan pelumas, pasanganmu tetap harus melakukan penetrasi secara perlahan dan lembut serta menanyakanmu apakah kamu merasa nyaman atau tidak.

Jika dia melakukannya dengan perlahan dan lembut maka itu akan membantu untuk meminimalisir rasa sakit saat penetrasi pertama kalinya dan dialog serta perhatiannya untuk menanyakanmu akan semakin mendekatkan kalian secara emosional yang akan membuat hubungan seks pertamamu semakin intim.

 

3. Gunakan kondom

Kondom memiliki gel pelumas yang berfungsi tidak hanya untuk memudahkan saat dipasangkan pada penis namun juga untuk mempermudah proses penetrasi. Kondom akan membuat proses penetrasi dan mengurangi gesekan yang akan membuat vaginamu terasa sakit. Dengan gel pelumas pada kondom, proses penetrasi akan lebih mudah.

Sering kali wanita mengalami kekeringan pada vaginanya setelah selesai mengalami siklus menstruasinya, hal ini akan membuat rasa kurang nyaman ketika berhubungan seks setelah baru saja selesai masa menstruasi. Dengan gel pelumas yang ada pada kondom tentunya hal ini dapat membantumu saat berhubungan seks.

 Laki-laki dan perempuan

4. Pemanasan 'Foreplay' yang cukup sebelum penetrasi

Foreplay sebelum 'penetrasi' juga penting, apalagi untuk saat pertama kalinya berhubungan seksual terlebih bagi para wanita. Foreplay akan saling merangsang kalian berdua dan mempersiapkan tubuh serta pikiran kalian dan menambah gairah sebelum masuk pada kegiatan inti. Foreplay yang cukup akan menstimulasi keluarnya cairan pelumas alamimu pada dinding vagina.

Komunikasikan kepada pasanganmu apa yang kamu suka dan bagian mana yang membuatmu paling bergairah saat disentuh olehnya. Tentunya ini akan membuat vagina mu lebih "siap" untuk pentrasi. Karena tanpa foreplay yang cukup akan membuat kurangnya stimulan bagi dirimu yang menyebabkan vaginamu dalam keadaan kering dan membuatnya sakit saat melakukan penetrasi pertama kalinya.

 

5. Carilah tempat yang nyaman

Dalam melakukan hubungan seks yang pertama kalinya, tempat juga menjadi faktor pendukung yang penting. Melakukannya di atas ranjang atau di atas matras tentunya akan jauh lebih terasa nyaman. Meletakkan bantal di belakang pinggulmu juga disarankan untuk kenyamananmu saat penetrasi.

Carilah tempat yang private, nyaman dan tenang, serta tidak terganggu dari suara suara berisik dari luar. Dengan demikian kalian berdua akan merasa lebih nyaman dan lebih menikmati hubungan seks yang pertama secara lebih intim tanpa gangguan.

6. Ingatlah, setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda

Jangan telalu terpengaruh dari cerita teman-temanmu mengenai yang mereka rasakan saat hubungan seks pertama kalinya. Setiap wanita memiliki pengalaman yang belum tentu sama saat pertama kali hubungan seks, beberapa ada yang menikmatinya, beberapa juga ada yang terasa menyakitkan.

Tentunya hal tersebut membuat kamu khawatir, namun kamu bisa bertanya kepada mereka bagaimana mereka mengatasi rasa sakit mereka saat melakukan hubungan yang pertama kali, menanyakan mana yang lebih nyaman.

7. Jangan tergesa-gesa

Jika hubungan seksmu yang pertama tidak berjalan lancar, itu tidak masalah, janganlah tergesa gesa, kamu dan pasanganmu harus memberi waktu bagi kalian berdua untuk bersantai dan melakukannya lagi setelah beberapa saat.

Ingatlah untuk dibawa santai saja, dan memang tidak perlu tergesa-gesa karena hubungan seks yang pertama meninggalkan rasa sakit dan tidak berjalan lancar, terkadang dinding vagina memang sangat rapat dan memerlukan waktu lebih untuk bisa meregang dan menjadi lebih elastis. Hubungan seks harus dilakukan dengan santai dan tanpa perlu tergesa-gesa berilah waktu pada dirimu untuk dapat menikmati hubungan seks.

8. Cobalah posisi yang berbeda

Apabila kamu merasakan sakit pada satu posisi tertentu, saatnya mencoba posisi lainnya, terkadang mengubah posisi membantumu mengurangi rasa sakit pada vagina. Apabila pada satu posisi kamu merasakan sakit bukan berarti posisi lainnya akan terasa sakit. Kamu bisa komunikasikan dengan pasanganmu untuk mengubah posisi kalian saat bersenggama.

Cobalah posisi lainnya dan temukan posisi yang paling nyaman untukmu. Sebagai contoh, jika posisi missionaris membuatmu terasa lebih menyakitkan, cobalah membalik posisi kalian berdua dengan posisi woman on top.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini