nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Fakta soal Kentang Goreng, Gak Selalu Buruk Kok

Senin 09 September 2019 20:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 09 298 2102647 8-fakta-soal-kentang-goreng-gak-selalu-buruk-kok-GfMjIWfNRW.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu makanan cepat saji yang paling digemari oleh banyak orang adalah kentang goreng. Hampir di semua gerai fast food atau bahkan restoran memiliki menu ini.

Kentang goreng pun memiliki berbagai merek dan jenis. Selain itu, terdapat berbagai rasa yang berbeda dari setiap mereknya.

Tapi, yang perlu disadari adalah kentang goreng merupakan salah satu makanan junk food. Oleh karena itu, tidak boleh dikonsumsi sering-sering karena memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Nah, dilansir dari Thedailymeal, ada beberapa fakta-fakta yang anda harus ketahui tentang kentang goreng.

1. Punya berbagai nama

Orang Amerika biasa menyebut kentang goreng dengan “french fries” atau “fries”. Namun, di Inggris menyebutnya dengan “chips” sedangkan di Prancis disebut dengan “frites”.

di Inggris menyebutnya dengan “chips” sedangkan di Prancis disebut dengan “frites”.

2. Dipopulerkan oleh Thomas Jefferson

Kentang goreng merupakan makanan klasik bagi warga Amerika. Presiden ketiga Amerika, Thomas Jefferson lah yang memperkenalkan kentang goreng ke warga Amerika Serikat.

3. Museum kentang goreng

Terdapat museum untuk kentang goreng di Bruges dan Belgia. Museum tersebut diberi nama dengan Frietmuseum, menampilkan dua sejarah emas yang kering seperti kentang goreng.

Para pengunjung dapat belajar tentang sejarah kentang dan mencicipi kentang goreng kuno. Kita juga dapat mempelajari bahan rahasia untuk membuat kentang goreng yang lezat di rumah.

4. Mulai masuk novel

Charles Dickens merupakan penggila makanan pada abad ke 17 merupakan penulis pertama yang memasukkan kentang goreng ke dalam tulisannya. Beliau menulis tentang puluhan makanan untuk sarapan, dinner plates, dan gelas bir.

Dia memasukkan sindiran terhadap orang yang memakan kentang goreng, dalam novelnya tahun 1895 “A Tale of Two Cities”. Berisi tentang mana kentang yang baik dan tidak baik untuk dijadikan kentang goreng. Dickens menjelaskan kentang goreng “husky chips of potato” yang digoreng dengan minyak.

Dickens menjelaskan kentang goreng “husky chips of potato” yang digoreng dengan minyak.

5. Favorit anak-anak

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition. Kentang goreng adalah sayuran yang paling sering dikonsumsi oleh anak-anak usia dua tahun hingga empat tahun. Kemungkinan menu Happy Meals menjadi lebih sehat. Namun, perlu anda ketahui kentang goreng tidak mengandung nutrisi sebanyak salad.

6. French Fry Feed terbesar di dunia

Potato Bowl merupakan yang terbesar di dunia yang berlangsung di Grand Forks, North Dakota. Menurut situs web mereka, hingga 10.000 orang menghadiri setiap tahunnya. Memiliki kehadiran yang lebih baik dari pada beberapa festival makanan terbaik di Amerika.

7. Tidak semua kentang memiliki kualitas sama

Perlu anda tahu, bahwa tidak semua kentang diciptakan sama. Membutuhkan step by step untuk membuat kentang yang dibaluri tepung dan akan memastikan kentang tidak terasa pahit. Kentang Russet adalah varietas yang paling sering digunakan untuk membuat kentang goreng terbaik di Amerika.

8. Kentang goreng lebih bergizi

Mungkin anda beranggapan kentang goreng sebagai salah satu makanan yang terburuk. Namun, kentang goreng memiliki beberapa manfaat gizi. Karena kentang termasuk ke dalam sayuran. Memiliki vitamin B6, vitamin C, magnesium, dan zat besi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini