nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Orang Meninggal dan 450 Koma karena Vape di AS

Della Astrini, Jurnalis · Senin 09 September 2019 12:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 09 481 2102391 3-orang-meninggal-dan-450-koma-karena-vape-di-as-yR4OsslvxE.jpg 3 orang tewas akibat hirup vape (Foto : Nypost)

Siapa yang tidak mengenal vape? Banyak orang beralih dari rokok konvensional ke vape. Namun, siapa sangka vape dapat menyebabkan penyakit mematikan, bahkan hingga meninggal dunia.

Penyakit paru-paru akut akibat menghirup vape telah memakan 3 korban meninggal di Amerika Serikat. Selain itu, ratusan orang jatuh sakit, bahkan 450 orang mengalami koma.

Penyelidik mengatakan, mereka sekarang lebih fokus pada vape ganja di pasar gelap. Begitu pun dengan produk lain yang mengandung minyak vitamin E diselidiki.

Lalu, kenapa menghirup vape ganja dengan kandungan minyak vitamin E sebabkan penyakit paru akut?

hirup vape bahaya

Ahli paru-paru di North Carolina, Daniel Fox menjelaskan bahwa penyakit paru-paru terjadi ketika zat lipid vape ganja seperti vitamin E dan asetat memasuki paru-paru. Dalam bentuk uap, zat lipid cenderung melapisi paru-paru dan menimbulkan kerusakan pada organ pernapasan. Tetapi, untuk saat ini dari pemeriksaan sampel penyelidik belum dapat menemukan satupun zat kimia yang sama.

Sementara itu, Wakil Direktur untuk pelakasana penyakit tidak menular The Centre of Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan, ada lebih dari 450 kasus penyakit paru berkaitan dengan vape. Hal ini merupakan dua kali lipat dari jumlah yang dilaporkan sebelumnya.

pasien di rumiah sakit

Pasien yang dirawat di rumah sakit melaporkan mengalami kesulitan bernapas. Mereka pun dilaporkan menderita nyeri dada.

Sampai saat ini, wabah penyakit paru akut hanya terjadi di Amerika Serikat, meskipun vape sangat populer secara global. Diimbau bagi pengguna vape untuk memerhatikan e-liquid yang digunakan. Vitamin E asetat bisa mengakibatkan kefatalan.

vape baru

Jadi, harap pastikan Anda membeli vape beserta liquidnya dari sumber yang jelas atau valid.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini