nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Benda Tak Lazim yang Pernah Ditemukan Dokter di Tubuh Pasien

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 09 September 2019 17:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 09 481 2102493 ini-benda-tak-lazim-yang-pernah-ditemukan-dokter-di-tubuh-pasien-qOOzdgN4zC.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Meletakkan beberapa benda asing pada bagian bokong tentu akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Hal ini diungkapkan oleh seorang dokter bedah yang menemukan berbagai barang rumah tangga yang tersempil masuk ke dalam tubuh seseorang.

Ternyata hampir semua benda bisa dijadikan objek fantasi seseorang, tapi perlu diingat barang-barang ini bisa mengantarkan Anda menuju rumah sakit. Salah satunya adalah pengalaman seseorang terpeleset dan jatuh menancap pada benda asing yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuhnya.

Kejadian ini terjadi pada Juli 2019. Awalnya seorang dokter bedah merekomendasikan untuk menggunakan mainan seks. Namun banyak orang yang justru menggunakan benda-benda aneh hingga akhirnya menyangkut di dalam anus.

 Dokter bedah

Lebih lanjut dokter bedah itu pun mengungkapkan beberapa benda yang paling sering ia temukan selama pembedahan. Mayoritas benda yang digunakan adalah botol sampo, berbagai jenis sayur, payung, cabang pohon apel, tiang gorden, bola lampu, dan batang dari botol sampanye yang rusak.

"Mainan seks masih jauh lebih aman daripada botol WKD atau sekaleng Lynx. Sementara pada kasus cabang pohon, korban adalah pengelola kebun yang telah tersandung dan terjatuh menancap benda tersebut,” tutur dokter bedah tersebut.

Beruntung, orang tersebut berhasil diselamatkan dari insiden yang cukup mengerikan itu. Tak hanya itu, dokter bedah juga mengungkapkan benda-benda asing yang ditemukan dalam alat kelamin wanita.

"Kerja bagus, batang itu halus dan untungnya ada lilin di atasnya sehingga tidak tajam. Benda-benda mengejutkan lainnya yang 'hilang” dalam tubuh adalah corong, mentimun, sekantong pil dan empat tampon,” lanjutnya.

Meski terlihat cukup aneh dengan berbagai benda yang ditemukan dalam pembedahan, tapi ahli bedah ini menemukan beberapa benda yang lebih ekstrem lagi dalam tubuh pasiennya. Benda ini benar-benar tidak lazim dan ukurannya pun cukup besar.

“Sebuah pengocok telur dan kotak kacamata lengkap bersama isinya. Sebagai klarifikasi, benda tersebut ditemukan dari dua pasien yang terpisah,” sambungnya.

Wakil Presiden Royal College of Surgeons, Profesor Neil Mortensen, mengatakan mengeluarkan benda asing dari anus adalah kejadian umum yang sering terjadi. Tetapi ada konsekuensi serius jika seseorang tidak mencari bantuan jika mengalami hal tersebut.

"Seseorang harus selalu mencari pertolongan medis sesegera mungkin jika benda asing tersangkut di anus Anda. Serta risiko tinggi infeksi dan inkontinensia, benda asing di anus dapat menyebabkan bahaya serius yang mengancam jiwa seperti usus berlubang,” ucap Neil.

Dalam kesempatan yang sama, Prof Neil juga mengatakan agar masyarakat tidak ragu untuk datang ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan yang tepat. Pasalnya, rumah sakit akan memeriksa semua benda asing yang masuk ke dalam tubuh pasiennya.

"Rumah sakit telah melihat semuanya sebelumnya dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh adalah hal biasa. Jangan ragu untuk mengunjungi A&E jika Anda kesakitan, tidak dapat bergerak atau tidak dapat melakukan tugas sehari-hari, atau bekerja,” tuntasnya. (tam)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini