nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Cegah Pelecehan Seksual di Dunia Maya, Nomor 4 Penting Banget!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 09 September 2019 10:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 09 612 2102322 5-tips-cegah-pelecehan-seksual-di-dunia-maya-nomor-4-penting-banget-1IxK7iPiLl.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Pelecehan seksual tidak hanya terjadi secara langsung atau bersentuhan fisik. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat banyak orang yang melancarkan aksi pelecehan seksual melalui dunia maya atau biasa disebut dengan cyber harassment.

Tentunya hal ini sangat memperihatinkan dan tidak patut ditiru. Sebagai masyarakat yang cerdas, ada baiknya berhati-hati dan mengambil langkah preventif untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual di dunia maya dalam hidup Anda.

Merangkum dari ABC News, Senin (9/9/2019), ini lima tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari aksi cyber harassment yang tengah marak beredar saat ini. Berikut ulasannya.

 Pria di depan komputer

1. Hindari berpartisipasi dalam forum atau situs yang memancing cyber harassment

Lebih baik mencegah daripada mengobati, mungkin hal ini adalah kiasan yang paling tepat untuk menggambarkan situasi ini. Lebih baik Anda menghindari atau memblokir situs dan konten yang tidak pantas untuk dibuka apalagi memberikan kesempatan bagi orang untuk mengunggahnya.

2. Beli domain dengan nama Anda dan anak-anak

Hal ini bisa membantu mencegah seseorang untuk melakukan hal buruk seperti pelecehan seksual di dunia maya yang tidak baik terhadap keluarga kesayangan Anda. Beberapa domain dapat dibeli dengan relatif murah dari situs-situs seperti GoDaddy.

3. Gunakan Google Alerts

Fitur ini akan memfasilitasi pemberitahuan email yang dikirim setiap Anda atau nama keluarga Anda muncul secara online.

4. Hindari menggunakan jejaring sosial atau forum online sebagai buku harian

Melakukan pembaruan status dan mengunggah cerita tentang kehidupan pribadi Anda membuka peluang bagi orang lain untuk melancarkan niat buruk. Jika Anda benar-benar ingin membagikan sesuatu yang bersifat pribadi, lebih baik dikirimkan melalui pesan pribadi langsung kepada orang yang dituju.

5. Temukan dan hapus informasi pribadi Anda

Beberapa situs seperti Spokeo merupakan pengumpul informasi. Situs ini memudahkan individu untuk mendapatkan informasi yang relatif akurat tentang Anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini