nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Alasan Lebih Baik Bercerai, daripada Hidup dalam Siksaan

Senin 09 September 2019 12:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 09 612 2102368 7-alasan-lebih-baik-bercerai-daripada-hidup-dalam-siksaan-Df8yXUku8g.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERNIKAHAN memang menjadi salah satu momen terindah dalam hidup kita. Tapi, kehidupan setelah pernikahan mungkin akan lebih sulit ketimbang apa yang didengungkan banyak orang.

Saat kita menikah, tentunya kita merasa yakin bahwa kita akhirnya telah menemukan seseorang yang tepat, sayangnya tidak semua orang menemukan fakta yang mereka harapkan terkait pasangannya.

Penelitian menyebut, satu dari empat pernikahan berakhir dengan perceraian, bahkan terkadang istilah bahagia sampai akhir hayat tidaklah terbukti.

Tapi banyak orang lebih memilih mempertahankan hubungan mereka, sambil berharap akan ada perbaikan dalam pernikahan mereka. Tapi, tidak selamanya bertahan dengan pasangan menjadi pilihan, ada 7 alasan mengapa kamu lebih bercerai dibanding tetap bertahan pada pernikahan yang sudah tidak sehat.

1. Menemukan orang yang lebih baik

Saat kamu telah menikah secara tidak sadar, kamu akan lebih menjaga diri dan menjauh dari lawan jenis, dengan maksud untuk menjaga perasaan pasanganmu. Tapi, kamu juga akan kehilangan kesempatan untuk berteman dengan orang yang baik.

Ini bukanlah hal yang buruk, ketika kamu menjalani pernikahan yang bahagia, namun jika kamu merasa hubungan pernikahanmu sudah lagi tidak sehat, perceraian bisa membantumu untuk melancarkan jalanmu menemukan orang yang lebih tepat.

 Kamu akan memiliki banyak kesempatan untuk membuka kembali pintu hatimu,

Kamu akan memiliki banyak kesempatan untuk membuka kembali pintu hatimu, dan menemukan orang yang lebih tepat untuk bisa menghabiskan waktu berdua di sepanjang sisa hidupmu. Faktanya, penelitian menunjukan bahwa orang yang melakukan pernikahan kembali setelah bercerai, lebih berpeluang untuk mencegah kegagalan pada pernikahan berikutnya.

2. Mengembangkan diri

Jika kamu tetap bertahan pada hubungan pernikahan yang tidak sehat, maka perasaan emosionalmu juga akan terjebak bersamaan karena tidak ada kompromi di antara kamu dan pasangan. Rasa emosional yang ada, pada akhirnya akan membuatmu merasa tersiksa dan semakin membuat kamu kehilangan jati dirimu.

Cobalah jalani hobi lamamu yang membuatmu merasa bahagia dulu? Apakah kamu menikmati kehidupanmu? Apakah pasanganmu mendukung setiap keputusanmu dan pandanganmu? jika jawabannya tidak, mungkin inilah saat bagimu untuk membuat perubahan dalam hidupmu.

Pernikahan yang tidak sehat akan menghambatmu dari hal-hal yang kamu inginkan. Jadi, dengan bercerai kamu bisa lebih fokus untuk mengembangkan dirimu, mengejar impianmu, dan memperbaiki kehidupanmu.

3. Lebih bahagia

Saat kamu keluar dari pernikahanmu yang sudah tidak sehat, kamu mungkin akan kehilangan pasanganmu, namun sebenarnya kamu akan mendapatkan kebahagiaan yang pantas kamu dapatkan.

Hidup terlalu singkat dan terbuang percuma, apabila hanya dihabiskan oleh masalah yang tak kunjung selesai dan pernikahan yang sudah tidak sehat lagi.

Tentunya, perceraian akan membuatmu sangat terpukul di awal namun setelahnya kamu akan membuka halaman baru dalam hidupmu yang lebih menyenangkan dari pada sebelumnya.

4. Anakmu akan lebih bahagia

Banyak pasangan yang menyadari bahwa alasan mereka tetap bertahan adalah karena demi kebaikan anak‐anak mereka. Tapi, apabila permasalahan tidak kunjung usai, tentunya setiap hari akan terjadi pertengkaran.

Tapi, apabila permasalahan tidak kunjung usai, tentunya setiap hari akan terjadi pertengkaran.

Jika sudah begitu, maka akan lebih baik bagi anak-anakmu untuk melihat kalian tidak bertemu satu sama lain. Bahkan, hal ini bisa menimbulkan kebingungan pada diri anak tentang sebuah keluarga, dan nantinya justru hal ini akan berefek pada pemikiran dan kehidupannya di masa depan.

Jadi, jika kamu tidak ingin merusak kondisi psikis anakmu, kamu harus menunjukan bagaimana cara menghormati orang lain dan menemukan kompromi di antara kalian berdua sebagai orangtuanya. Jangan lupakan orangtua yang bahagia anak pun juga merasa bahagia.

5. Kamu akan lebih sehat

Banyak orang percaya bahwa pernikahan yang bahagia dapat meningkatkan kesehatanmu, namun tidak demikian dengan hubungan rumah tangga yang sudah tidak sehat.

Hubungan yang tidak sehat justru menjadi beban pikiran bagimu, dan akan membuat daya tahan tubuhmu semakin menurun karena stres dan tekanan lainnya yang kamu rasakan, belum lagi ketika kamu jadi tidak mementingkan kesehatanmu sendiri.

6. Memperbaiki Penampilan

Banyak orang mulai kembali memperhatikan penampilan, setelah bercerai. Mereka lebih fokus untuk melakukan diet, atau perawatan tubuh lainnya. Banyak orang yang setuju bahwa hal ini terjadi karena keadaan dari dalam diri.

Apabila pikiran seseorang tersebut rumit, maka akan membuat mempengaruhi kondisi tubuh dan penampilannya pun akan terlihat lebih cerah. Terlebih, orang mengalami perceraian menjadi lebih bisa megekspresikan dirinya dengan lebih giat dalam berolahraga, membentuk tubuhnya, membeli pakaian baru, mengganti cara bermake up dan banyak lagi.

 Banyak orang yang setuju bahwa hal ini terjadi karena keadaan dari dalam diri.

7. Masa depan lebih cerah

Beberapa penelitian menunjukan bahwa wanita yang tidak menikah lagi setelah mengalami perceraian, kebanyakan akan bahagia di masa tuanya. Hal ini terjadi karena biasanya setelah bercerai mereka akan lebih fokus untuk mengurus kariernya.

Dengan begitu, mereka akan mendapatkan penghasilan yang banyak dan memiliki keadaan keuangan yang lebih stabil bahkan untuk mempersiapkan masa tuanya nanti.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini