nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanggal Cantik 9-9-2019, 99 Pasangan Nikah Massal di Malaysia!

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 11:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 10 196 2102860 tanggal-cantik-9-9-2019-99-pasangan-nikah-massal-di-malaysia-bnOMQ59m0T.jpg 99 pasangan nikah massal di tanggal cantik 9-9-2019 (Foto : Scmp)

Beberapa pasangan memilih tanggal pernikahan karena terlihat 'cantik'. Biasanya tanggal yang dipilih memiliki angka sama pada hari, bulan, dan tahun. Contohnya kemarin, 9 September 2019. Bila disejajarkan dalam bentuk numerik menjadi tanggal cantik 9-9-2019 sehingga hari, bulan, dan tahunnya masing-masing ada angka 9.

Tanggal cantik kemarin juga dijadikan oleh sejumlah pasangan di Malaysia sebagai hari pernikahan. Melansir South China Morning Post, Selasa (10/9/2019), sebanyak 99 pasangan nikah massal.

Nikah Massal

Upacara pernikahan mereka dilaksanakan di Kuil Thean Hou, Kuala Lumpur. Acara itu memang rutin dilakukan secara tahunan untuk pasangan yang ingin menikah secara Buddha.

Hari kesembilan di bulan kesembilan dianggap sebagai tanggal keberuntungan oleh etnis Tionghoa. Pengucapan angka sembilan dalam Bahasa Mandarin terdengar seperti kata 'tahan lama'. Tentunya semua pasangan berharap pernikahannya bisa bertahan lama seumur hidup. Karenanya, tanggal cantik 9-9-2019 mereka jadikan sebagai hari pernikahan. 

Pada pernikahan massal tersebut, sebagian besar pasangan mengenakan jas hitam dan gaun putih. Tapi ada juga beberapa yang memilih untuk mengenakan busana pengantin warna merah.

Dalam budaya China, merah adalah warna yang melambangkan keberuntungan, kegembiraan dan kebahagiaan. Merah juga merupakan warna tradisional yang dikenakan oleh pengantin China.

Nikah Massal di Malaysia

Selain busana pengantin pada umumnya dan warna merah, ada pula yang mengenakan busana santai seperti kemeja dan celana panjang atau dress biasa. Namun yang pasti, setiap pasangan masing-masing memegang karangan bunga.

Mereka diberkati dan diambil sumpahnya oleh pemimpin agama yang mengenakan jubah merah. Di akhir upacara pernikahan, semua pasangan berfoto bersama di depan kuil.

Di sisi lain, upacara pernikahan massal yang dilakukan kemarin bukan pertama kalinya. Sepuluh tahun lalu, tepatnya 9 September 2009, sebanyak 500 pasangan menikah di hari yang sama.

Nikah Massal mantul

Setahun sebelumnya yaitu 8 Agustus 2008 juga menjadi hari pernikahan populer karena mengandung angka "888". Dalam numerologi China, angka 8 berarti makmur sehingga pernikahan di tanggal tersebut dianggap mewakili keberuntungan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini