nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sembarangan, Ini Perawatan Wajah untuk Jenis Kulit Kombinasi

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 18:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 10 611 2103052 jangan-sembarangan-ini-perawatan-wajah-untuk-jenis-kulit-kombinasi-PQQYzag7qZ.jpg Perawatan wajah untuk jenis kulit kombinasi (Foto : Insider)

Jenis kulit wajah setiap orang antara satu dengan yang lainnya bisa berbeda. Karenanya, perawatan wajah pun berbedas setiap jenis kulit.

Ada banyak faktor yang memengaruhi jenis kulit wajah. Sebut saja gen, pola makan, hormon, kondisi lingkungan, tingkat stres, dan masih banyak lagi. Di sisi lain, jenis kulit wajah bisa berubah dalam waktu singkat. Contoh, suatu hari bisa saja kulit wajah terasa sangat kering hingga permukaannya bersisik. Lalu beberapa hari kemudian kulit wajah menjadi sangat berminyak. Ada pula kemungkinan memiliki dua jenis kulit wajah dalam waktu bersamaan. Kondisi ini biasanya dikenal dengan kulit kombinasi dan perawatan wajah cukup sulit.

Orang-orang yang memiliki kulit kombinasi pada wajahnya mengalami kulit kering di beberapa bagian, biasanya di sekitar pipi dan mata. Tapi di bagian lainnya yaitu T-zone kulit sangat berminyak. Sekadar informasi, T-zone adalah area di sekitar dahi, hidung, dan dagu. Kulit berminyak di area T-zone dapat menyebabkan jerawat.

pakai krim

Jenis kulit kombinasi disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya debu dan tingkat kelembapan yang membuat pori-pori yang tersumbat.

"Genetika memang menjadi faktor penentu yang signifikan untuk jenis kulit. Namun faktor lingkungan juga berperan serta. Mereka yang memiliki kulit kombinasi akan mengalami fluktuasi kondisi kulit di antara musim," ujar Rebecca Treston, pendiri Rebecca Treston Aesthetics di Dubai seperti yang Okezone kutip dari The National, Selasa (10/9/2019).

Kulit kombinasi cenderung lebih kering di musim dingin dan lebih berminyak di musim panas. Tapi sinar UV dari matahari serta faktor-faktor lain dapat berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan kulit. Berbicara mengenai perawatan wajah, jenis kulit kombinasi sulit diatasi karena masing-masing membutuhkan hal yang berbeda.

Untuk jenis kulit kering, dibutuhkan kelembapan. Sedangkan terlalu banyak memakai pelembap dapat menyebabkan kelebihan minyak di T-zone. Hal itu dapat membuat wajah memiliki banyak komedo.

pakai obat jerawat

Ahli kecantikan Aislinn Koehein mengungkapkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih produk perawatan untuk kulit kombinasi. Alih-alih memberikan solusi, bahan-bahan yang terkandung dalam produk perawatan malah bisa mendatangkan masalah baru.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memastikan produk mengandung bahan-bahan bermanfaat yang akan membantu kulit. Carilah oil tea tree, asam glikolat, asam salisilat, dan arang, yang semuanya dapat menghilangkan kotoran dan menyumbat pori-pori.

Rebecca menambahkan, cara terbaik untuk memulai perawatan kulit adalah melakukan pembersihan dua kali sehari. Hal ini berguna menghilangkan kotoran dan polutan. Idealnya pilih pembersih yang mengolah minyak di T-zone tanpa mengeringkan pipi.

"Rekomendasi saya gunakan produk yang memiliki aktivitas kuat seperti AHA (alpha hydroxy acid) atau asam salisilat hanya pada malam hari setelah beraktivitas. Orang yang menggunakan AHA pagi dan sore hari berisiko memiliki kulit kering, membuatnya agak ketat, dan terlihat lelah," terang Rebecca.

Menurutnya, malam hari adalah waktu terbaik untuk pembersih yang bahannya lebih kuat. Sedangkan di pagi hari gunakan produk yang ringan, lembut dan menyegarkan, serta tidak terlalu kuat atau terlalu astringen.

Pakai Sun Block

Untuk merawat kulit kombinasi, pastikan menggunakan pelembab bebas minyak. Dengan begitu tidak ada lapisan tambahan apa pun ke area T-zone yang sudah berminyak.

Sementara itu, Aislinn berpendapat cara terbaik untuk merawat kulit kombinasi adalah melakukan facial bulanan secara rutin. Terlepas dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari. "Facial dengan enzim dan asam super dapat mengeksfoliasi kulit serta menghilangkan kotoran dan minyak. Selain itu hasilnya juga ditunjukkan dengan cepat," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini