nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seserahan Pakai Album BTS, Pernikahan Ini Bikin Heboh Tamu Undangan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 10:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 10 612 2102807 seserahan-pakai-album-bts-pernikahan-ini-bikin-heboh-tamu-undangan-uwoIx5nWqY.jpg Pernikahan dengan seserahan dan dekorasi serba BTS (Foto: Dok. pribadi)

Sabtu 31 Agustus 2019 lalu, menjadi momen paling bersejarah dalam kehidupan Ervy Juliawita. Pada hari itulah, ia melangsungkan pernikahan dengan sang pujaan hati, Rifry Martha.

Mengingat momen ini hanya berlangsung satu kali seumur hidup, Ervy tidak mau menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Ia menggelar resepsi pernikahan dengan konsep dan nuansa yang tidak biasa.

Tak tanggung-tanggung, tema yang dipilih tidak jauh-jauh dari hobi dan kesukaannya menonton drama korea (drakor) dan K-pop. Bahkan, seserahan yang diberikan dari pihak mempelai pria terbilang unik, yakni satu bundle album dan pernak-pernik dari idol group kesayangannya, Bangtan Boys (BTS).

Ya, sebagai seorang Army (sebutan untuk penggemar BTS), Ervy tidak ragu menjadikan BTS sebagai tema besar dari akad dan resepsi pernikahannya. Kepada Okezone, ia menjelaskan secara rinci, segala persiapan yang ia lakukan bersama sang suami tercinta.

 Pernikahan unik

Awal kedekatan Ervy dan Rifry

Cerita bermula dari awal kedekatan Ervy dan Rifry pada awal tahun 2018 silam. Keduanya bertemu saat salah satu teman mereka mengenalkan secara tidak sengaja.

"Awalnya emang dicomblangin sama sobat SMA gue. Terus lama-lama gue merasa cocok dan nyambung. Jujur gue jtu bukan tipe orang yang suka di-chat terus, rasanya kek di-teror. Nah, dia ini tipe orang yang slow down banget, jadi nyaman," terang Ervy saat dihubungi via sambungan telepon, Selasa (10/9/2019).

Sempat menjalani penjajakan selama kurang lebih 3 bulan, Ervy dan Rifry memutuskan untuk berpacaran. Ada sejumlah alasan yang pada akhirnya membuat Ervy semakin yakin bahwa Rifry adalah jodoh yang selama ini ia cari.

Salah satunya ketika melihat respons sang pacar saat mengetahui kecintaan Ervy menonton drakor dan K-pop. Alih-alih mencibir, Rifry justru mendukung dan memberikan kebebasan kepada Ervy untuk melakukan apapun yang ia cintai.

"Pas tahu gue suka drakor dan K-pop dia bukannya ngejudge, tapi malah penasaran kenapa gue suka drakor. Setelah gue jelasin, sekarang dia jadi suka juga sama BTS dan mau nonton konsernya kalau mereka ke Indonesia," ungkap Ervy sembari tertawa lepas.

Setelah kurang lebih 1,5 tahun pacaran, mereka pun memutuskan untuk menikah. Hal ini tidak terlepas dari komitmen mereka untuk menjalani hubungan dengan serius. Apalagi Ervy sudah memberi ultimatum Rifry sedari awal mereka berpacaran.

"Dari awal gue udah bilang sama dia, 'gue maunya nikah, kalau belum siap lebih baik kita temanan aja biar enggak ada yang baper'," kenang Ervy.

Pre-wedding di Korea Selatan

Sekira akhir tahun 2018, Ervy dan Rifry sepakat untuk melangsungkan foto pre-weddding di negara favorit mereka, Korea Selatan.

Namun ada cerita unik di balik momen tersebut. Kala itu, Ervy dan Rifry ternyata belum resmi bertunangan. Sesi pre-wedding dilakukan secara mendadak dengan persiapan yang seadanya.

 Laki-laki dan perempuan

"Ceritanya lucu banget sih, dan emang enggak sengaja prewed di Korea. Jadi waktu itu gue udah bilang ke dia mau liburan di Korea awal Desember 2018. Tiket udah gue beli dari Februari di tahun yang sama," kata Ervy.

Tapi di pertengahan tahun 2018, tiba-tiba Rifry mendadak ingin ikut. Pada saat itu, status mereka masih berpacaran, tidak ada pembicaraan menuju pelaminan atau tunangan sama sekali.

Namun menjelang keberangkatan, Rifry menunjukkan komitmennya untuk menikahi sang pujaan hati. Ia datang ke rumah Ervy untuk meminta restu dan izin kepada kedua orangtuanya.

"Awal November dia ke rumah ngomong sama papa aku, katanya mau ngelamar. Dan satu bulan sebelum keberangkatan, ide itu muncul, 'Kenapa enggak sekalian pre-wed aja di sana?'. Nekat sih karena kita belum lamaran. Tapi kejadian juga," ujar wanita yang menjadikan Kim Seok-jin sebagai biasnya.

 Laki-laki dan perempuan

Ervy mengatakan, sebetulnya ia hendak memboyong fotografer profesional dari Indonesia. Tapi setelah dihitung-hitung, bujet yang dikeluarkan ternyata jauh lebih besar dibanding menyewa fotografer langsung di Korea.

"H-2 minggu, Alhamdulillah dapet fotografer orang Indonesia yang kebetulan lagi bekerja di sana. Side jobnya jadi fotografer. Hasilnya bagus dan harganya juga bagus, Rp8 juta saja. Kalau bawa dari Indonesia langsung bisa Rp20 jutaan. Udah gitu, dia merangkap jadi tour guide sekalian, ngasih tau tempat makan yang enak. Hahah," tutur Ervy bersemangat.

Ada satu momen kocak saat sang fotografer meminta Ervy dan Rifry menunjukkan cincin tunangan mereka.

"Photographer gue sampe bingung, kok gue sm Rifry enggak pake cincin. Itu ngakak banget sumpah. Baju prewed gue aja bekas gaun bridesmaid yang gue modif sendiri. Terus Rifry minjem jas dari team wardrobe di kantornya. Kita baru lamaran Maret 2019. Jeda 3 bulan lah dari momen liburan," jelasnya.

Seserahan serba BTS

Lahir dan tumbuh besar dalam keluarga berdarah Jawa, proses pernikahan Ervy dan Rifry pun dipenuhi oleh serangkaian ritual adat istiadat. Termasuk pemberian seserahan saat akad nikah yang digelar di Jakarta.

Uniknya, seserahan yang diberikan oleh Rifry berbeda dengan pernikahan adat Jawa pada umumnya. Ia menghadiahi Ervy satu bundle album dan pernak-pernik BTS. Ide ini mereka dapatkan saat pre-wedding di Korea Selatan.

 Pernikahan unik

"Awalnya gue bercanda minta album BTS, eh ternyata dia setuju. Seserahan ini jadi simbol kalau dia menerima punya istri K-popers. Mas kawinnya juga dollar, jadi simbol juga kalau dia menerima istrinya doyan traveling. Hahaha," ungkap Ervy.

Bicara soal seserahan, dalam bundle-an tersebut, Ervy menerima 3 album lawas BTS yang memang pada saat itu belum ia miliki antara lain, BTS O!RUL82, BTS HYYH pt.1, HYYH pt.2. Lalu ada cushion VT cosmetics x BTS dan dua buah sheet mask mediheal x BTS.

Kebetulan barang tersebut mereka beli di Korea langsung, jadi harganya relatif terjangkau. Semuanya dibanderol seharga Rp1 juta saja.

"Itu termasuk murah. Kalau di Indonesia 1 album BTS aja dijual Rp300 ribu. Barang-barang ini sebetulnya pengganti seserahan yang casual. Tapi kalau untuk mas kawin, aku enggak mau kalau cuman pernak-pernik BTS. Pokoknya pernikahan gue itu serba out of the box deh," papar Ervy.

Resepsi pernikahan dihiasi dekorasi Korea dan BTS

Tidak hanya akad nikah, resepsi pernikahan Ervy dan Rifry juga dihiasi pernak-pernik dan dekorasi bernuansa BTS. Di mulai dari area photobooth yang menjadi spot favorit para tamu undangan.

Sesuai dengan tema, Ervy lagi-lagi memasukkan unsur BTS pada area tersebut. Ia meminta khusus kepada pihak EO untuk menyediakan 7 karakter Line BT21 sebagai hiasan di stand photobooth.

Ide awalnya terinspirasi dari keluhan sang ayahanda tercinta yang mengaku bosan melihat konsep photobooth ketika mendatangi pernikahan relasi mereka. Kebetulan, menjelang hari H, Ervy tidak sengaja melihat pembukaan Line Store di Los Angeles, Amerika Serikat.

"Gue sering banget datang kondangan. Terus bokap selalu enggak mau diajak foto-foto di photobooth, kata dia bosan itu-itu aja. Dari situ gue berpikir keras, kira-kira apa ya yang buat orang pada sukarela dan mau foto di pernikahan gue. Akhirnya, dipakailah konsep BT21," jelasnya.

Benar saja, area photobooth mendadak jadi spot favorit para tamu undangan untuk berfoto ria. Saking ramainya, mereka harus mengantre panjang hingga ke area lobby hotel.

"Itu parah banget sih. Fotografer gue sampai enggak sanggup dan over time. Tapi antrean masih sangat panjang. Tapi Alhamdulilah bokap jadi senang, relasi dia bilang anak-anaknya kegirangan waktu foto-foto di sana," tambahnya.

Pernikahan unik

Selain photobooth, Ervy juga sengaja memberikan 10 Army Bomb (sebutan light stick BTS) kepada para bridesmaidnya. Lampu berbentuk bulat dan bisa berganti-ganti warna itu dipilih untuk mengganti rangkaian bunga.

"Dari total 16 bridesmaid, gue cuma bisa nyediain 10 Army Bomb itu pun minjem sama temen-temen deket. Kalau beli sendiri mahal. Satu buah bisa sampai Rp1 juta, karena lightstick BTS itu kalau enggak salah paling mahal di antara idol group lainnya," timpal Ervy,

Kemudian ada 6 penerima tamu undangan yang berdandan cantik mengenakan pakaian tradisional Korea Selatan, Hanbook. Mereka juga diberi tugas menyapa para tamu undangan menggunakan bahasa Korea.

Untuk urusan makanan, Ervy menyediakan salah satu kudapan favorit khas Korea yakni, tteokbokki. Kendati demikian, ia mengaku harus bernegosiasi terlebih dahulu dengan pihak hotel karena mereka memiliki regulasi yang cukup ketat.

"Gue harus mohon-mohon dulu karena enggak boleh bawa makanan dari luar. Terus tteokbokki gue itu yang bikin orang Korea langsung. Wedding band gue juga nyanyinya soundtrack-soundtrack drakor favorit gue. Salah satunya Euphoria by Jungkook, karena bertepatan dengan ulang tahun dia," tukasnya.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini