nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Misteri Angka 7 Menurut Alkitab dan Numerologi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 17:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 10 612 2103080 misteri-angka-7-menurut-alkitab-dan-numerologi-qpNL73K3bR.jpg Angka 7 (Foto: Numerologysecret)

KEHIDUPAN manusia tidak lepas dari angka. Tanpa disadari manusia akan dengan mudah menemukan berbagai angka yang terpampang di sekitarnya. Namun, dari banyak angka yang ada, angka tujuh bisa dibilang menjadi salah satu yang cukup spesial.

Pernahkah Anda menghitung ada berapa hari dalam seminggu? Berapa banyak warna dalam pelangi? Dan ada berapa keajaiban dalam dunia ini? Semuanya jawabannya adalah tujuh. Beberapa hal inilah yang membuat angka tujuh menjadi angka keramat.

Sekadar informasi, tujuh adalah bilangan prima dalam 10 pertama yang jumlahnya tidak bisa digandakan dalam grup. Selain itu, banyak keistimewaan lain yang dimiliki oleh angka tujuh. Merangkum dari Your Tango, Okezone akan membahasnya satu per satu.

1. Angka tujuh berperan dalam memori

Misteri Angka Tujuh

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 1950-an, diputuskan bahwa tujuh adalah item informasi terbanyak yang dapat disimpan dan diingat seseorang dengan cepat. Itu sebabnya hal-hal seperti nomor telepon terdiri dari tujuh digit (minus kode area).

Karena sebab inilah mengapa tujuh dianggap sebagai angka keberuntungan. Meskipun sebagian lainnya menganggap ini hanyalah sebuah tahayul.

2. Tujuh berakar pada spiritual

Tujuh juga memiliki arti penting dalam agama. Dalam Islam, ada kebiasaan yang disebut Tawaf dengan mengitari Kakbah sebanyak tujuh kali. Dalam agama Buddha, Pangeran Siddhartha Gautama langsung dapat berdiri dan berjalan tujuh langkah. Namun, tidak ada agama lain yang menggunakan angka tujuh seperti Kristen.

3. Dalam Alkitab, tujuh disebutkan 735 kali

Alkitab pun terdiri dari tujuh bagian yang di dalamnya terdiri dari: Hukum, Para Nabi, Tulisan / Mazmur, Injil dan Kisah Para Rasul, Surat-surat, Surat-surat Paulus, dan Wahyu.

4. Tujuh ditemukan dalam Alkitab (dan agama-agama dunia lainnya juga)

Sekarang mari kita melihat ke dalam Alkitab. Kejadian 2: 1-3: yang berbunyi “Satu, demikianlah, langit dan bumi lengkap dengan segala susunannya yang luas.

Kedua, pada hari yang ketujuh Allah telah menyelesaikan pekerjaan yang telah dilakukannya, jadi pada hari ketujuh dia beristirahat dari semua pekerjaannya.

Ketiga, kemudian Allah memberkati hari ketujuh dan menjadikannya suci, karena di atasnya ia beristirahat dari semua pekerjaan penciptaan yang telah ia lakukan.” Ada dua makna tujuh di sini. Satu adalah jumlah hari dalam seminggu dan hari ke-7 atau disebut hari Sabat. 

5. Tujuh menandai awal dan akhir yang baru

Minggu bukanlah hari ke-7 dalam seminggu. Inilah sebabnya mengapa hari Minggu dianggap sebagai hari suci atau hari istirahat. Tetapi hari Sabat benar-benar melampaui akhir minggu. Itu sebenarnya berlaku untuk tahun juga, karena setiap tujuh tahun seharusnya ada tahun sabat.

6. Tujuh adalah ilahi, terutama dalam hal pengampunan

Ada juga kisah terkenal, Perumpamaan tentang Hamba yang Tidak berperasaan.

Itu ditemukan dalam Matius 18:21 yang berbunyi “21 Kemudian Petrus datang kepada Yesus dan bertanya: ‘Tuhan, berapa kali saya harus mengampuni saudara lelaki atau perempuan saya yang berdosa terhadap saya? Hingga tujuh kali? 22 Yesus menjawab, ‘Aku berkata kepadamu, bukan tujuh kali, tetapi tujuh puluh tujuh kali.’

7. Sifat 7 dalam numerologi adalah spiritual, dalam agama lain itu bersifat profetik

Para nabi sebelum Yesus juga menggunakan angka tujuh. Terbukti dalam kitab raja-raja 5:10 yang berbunyi "Elisa mengirim seorang utusan untuk berkata kepadanya,‘ Pergilah, basuhlah dirimu tujuh kali di sungai Yordan, dan tubuhmu akan dipulihkan dan engkau akan dibersihkan.”

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini