nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Atasi Mata Kering agar Tidak Radang dan Infeksi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 07:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 11 481 2103661 tips-atasi-mata-kering-agar-tidak-radang-dan-infeksi-r3FSnO16Tv.jpg Trik mengatasi mata kering (Foto : Boldsky)

Kesehatan mata masih menjadi hal yang dianggap sepele oleh masyarakat Indonesia. Sekira 20-50 populasi manusia di dunia mengalami mata kering. Jika dibiarkan masalah ini tentu dapat menyebabkan bahaya kesehatan yang sangat merugikan.

Hal ini dibenarkan oleh Dokter Spesialis Mata JEC Hospitals and Clinic, dr. Nina Asrini Noor, SpM. Jika mata kering tidak ditangani dengan baik, maka bisa menurunkan kualitas hidup seseorang dan kerusakan permukaan pada mata.

Mata Lelah

Mata kering yang diabaikan bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup. Seseorang tidak dapat beraktivitas dengan optimal karena mata lelah. Menjadi dependent (bergantung) pada obat-obatan,” terang dr. Nina dalam sebuah acara di Jakarta, Rabu 11 September 2019.

Di sisi lain, mata kering pun bisa menyebabkan peradangan maupun infeksi. Tingkat infeksi tersebut bisa bersifat dari ringan sampai berat dan temporer hingga permanen. Oleh sebab itu, mata kering bisa ditangani dengan cara mengatur gaya hidup yang kurang sehat.

Nyalain AC

“Cara yang paling mudah adalah menghindari paparan AC secara langsung dah terlalu lama, menatap monitor secara berlebihan, menatap gadget dalam durasi yang panjang dan penggunaan lensa kontak yang disesuaikan dengan instruksi dokter mata,” lanjutnya.

Selain itu ada beberapa langkah yang bisa ditempuh seseorang untuk mengurangi rasa tidak enak saat mengalami mata kering. Beberapa caranya adalah merelaksasikan dan memberikan kesempatan bagi mata untuk beregenerasi.

kompres air hangat

“Kompres dengan air hangat pada bagian kelopak mata. Selain itu mengonsumsi air dengan cukup dan menjaga kebersihan kelopak mata juga sangat penting untuk dilakukan. Apabila mata kering berlanjut, maka harus berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk menentukan treatment selanjutnya,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini