nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masak Daging Kambing Dibumbui Dark Chocolate Suguhkan Cita Rasa Unik

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 20:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 12 298 2104135 masak-daging-kambing-dibumbui-dark-chocolate-suguhkan-cita-rasa-unik-fmBasQ9J63.jpg Daging kambing dibumbui dark chocolate suguhkan cita rasa unik (Foto : Independent)

Sebuah studi mengklaim bahwa dark chocolate dan mackerel adalah bumbu terbaik untuk mengolah daging kambing. Para peneliti sengaja melakukan studi baru untuk menemukan bahan makanan yang memiliki rasa sama dengan daging kambing.

Hasilnya, dark chocolate dan mackerel memang sangat cocok untuk dipasangkan dengan daging kambing. Contoh bahan makanan lain yang bisa dipasangkan dengan daging kambing seperti udang, whiskey dan keju brie, kacang, kentang, hingga grapefruit.

Dark chocolate dan kopi, keduanya memiliki karakter rasa kuat dan pahit. Cita rasa ini memiliki kesamaan dengan karakter rasa daging kambing ketika dimasak. Warnanya terlihat hitam kecokelatan, dan menyuguhkan sensasi rasa agak pahit.

daging kambing

Sementara untuk minumannya sendiri, daging domba kambing ternyata sangat pas dipasangkan dengan whiskey dan sake. Kombinasi ini mengalahkan tradisi lama bahwa daging kambing hanya cocok dipasangkan bersama anggur merah (red wine).

Studi ini juga menemukan, aroma masakan yang diolah menggunakan dark chocolate memiliki dua note atau karakter yang unik. Hal ini dijelaskan secara gamblang oleh Peneliti Makanan dan Ahli Rasa, Dr Rachel Edwards-Stuart. Ia berkolaborasi dengan Simply Beef & Lamb untuk menunjukkan beberapa bumbu tradisional yang sejatinya tidak cocok saat dipasangkan dengan makanan tertentu.

daging kambing kecap

“Meski sudah banyak bumbu yang digunakan untuk memasak, banyak orang yang masih takut mencoba menggunakan bumbu bercita rasa kuat. Penelitian ini membuktikan, perpaduan rosemary atau daun mint tidak selalu menjadi kombinasi terbaik untuk mengeluarkan cita rasa sesungguhnya dari daging domba. Oleh karena itu, cobalah untuk sesekali menggunakan dark chocolate dan mackerel,” tegas Rachel.

Nah, bagi Anda yang tertarik membuat olahan daging kambing di rumah, berikut Okezone rangkumkan salah satu resepnya. Jangan lupa tambahkan dark chocolate untuk bereksperimen. Selamat mencoba!

daging kambing enak

Kambing Kecap

Bahan :

500 gram daging kambing

2 butir kentang, belah enam, goreng

2 butir kayu manis

3 butir cengkeh

4-5 sdm kecap manis

Air secukupnya

Garam

Gula

Minyak goreng

Bumbu halus :

5 buah cabe merah besar

10 siung bawang merah

4 siung bawang putih

2 cm jahe

1 sdt kunyit bubuk

Cara membuat :

1. Bersihkan daging kambing lalu rebus hingga setengah matang. Setelah itu potong-potong daging sesuai selera, sisihkan kuah kaldu.

2. Panaskan minyak goreng kemudian masukkan cengkeh dan kayu manis. Setelah itu masukkan bumbu halus lalu tumis sampai matang dan berubah warna.

3. Selanjutnya masukkan potongan daging kambing, beri kecap manis, aduk hingga merata.

4. Tuang kuah kaldu daging kambing yang telah disisihkan sedikit demi sedikit. Setelah habis tambahkan garam dan gula sesuai selera. Masak hingga daging kambing empuk.

5. Setelah daging kambing dirasa cukup empuk, masukkan kentang dan masak hingga bumbu meresap.

6. Kambing Kecap siap disajikan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini