nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Targetkan 10 Ribu Wisatawan, Puncak Sail Nias 2019 Digelar Akhir Pekan Ini

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 03:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 12 406 2103743 targetkan-10-ribu-wisatawan-puncak-sail-nias-2019-digelar-akhir-pekan-ini-QynF7Cz7us.jpg Ilustrasi, Sail Tomini (Foto: Okezone)

Pulau Nias di Sumatera Utara terkenal dengan keindahan alam dan kemaritimannya. Pulau yang memiliki jumlah penduduk 314 ribu ini akan menggelar puncak acara Sail Nias pada 14 September mendatang.

Dalam puncak acara Sail Nias 2019, Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir. Sail Nias sendiri merupakan agenda pariwisata dari Pulau Nias yang bertujuan mendatangkan wisatawan baik dari dalam dan luar negeri.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dalam siaran persnya mengatakan, Pulau Nias yang berada di bagian terluar barat Indonesia ini adalah eksotisme Indonesia. Meski pulaunya berukuran kecil, namun potensi alamnya luar biasa sehingga diharapkan bisa membawa nama besar Indonesia sebagai bagian destinasi wisata berkelas dunia.

 Lompat batu

“Sudah banyak Indonesia mempunyai destinasi kelas dunia. Tetapi dengan segala kelebihan dan potensi alam lautnya, saya yakin Pulau Nias akan semakin dicintai wisatawan lokal dan juga dunia," ujar Yasonna.

Ia melanjutkan, Pulau Nias memiliki sisi kekayaan budaya masyarakat dan pesona keindahan alamnya. Ia berharap, Sail Nias 2019 ini akan semakin mengenalkan Pulau Nias di Indonesia dan dunia.

Pada puncak acara Sail Nias 2019 yang akan digelar hari Sabtu, jumlah kunjungan yang ditargetkan adalah 10 ribu wisatawan lokal dan mancanegara.

"Ini juga sekaligus menguatkan Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika dan selalu menjunjung tinggi Persatuan, Kemakmuran, Kesejahteraan dan Kejayaan NKRI tercinta," lanjut Yasonna.

Kegiatan Puncak Sail Nias akan menjadi penutup dari 15 rangkaian kegiatan yang ada. Kegiatan tersebut tersebar di lima wilayah di Pulau Nias, yakni Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Utara.

Puncak Sail Nias 2019 akan digelar di Teluk Dalam yang terletak di wilayah Kabupaten Nias Selatan. Teluk Dalam dinilai eksotis dan memenuhi syarat untuk menjadi lokasi acara yang mengusung tema “Nias Is The Dream Island”.

Teluk Dalam juga memiliki area datar yang luas dan dermaga pelabuhan baru yang memenuhi syarat untuk kegiatan Puncak Sail Nias.

Dalam acara tersebut, akan ada parade 1.000 penari, parade kapal neyalan, flypass pesawat tempur, demo paramotor, demo aeromodelling, hingga demo terjun payung.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini