nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alami Gatal, Dokter Kaget Temukan Ratusan Spora Jamur di Telinga Wanita Ini!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 12 481 2104149 alami-gatal-dokter-kaget-temukan-ratusan-spora-jamur-di-telinga-wanita-ini-HM3Ojjr767.jpg Ilustrasi infeksi telinga (Foto : Healthline)

Menjaga kebersihan telinga adalah kewajiban semua orang. Jika tidak rajin dibersihkan maka kuping akan kotor dan menjadi sarang bakteri maupun penyakit. Bahkan sebuah kasus baru memperlihatkan seorang wanita yang kupingnya penuh dengan jamur.

Mungkin beberapa dari Anda akan sedikit ngeri saat mendengarnya. Namun kenyataan ini memang benar adanya. Penemuan jamur dalam kuping ini ditemukan oleh seorang dokter saat melakukan operasi di Provinsi Dien Bien.

Video klip yang mengerikan ini memperlihatkan ratusan spora yang tumbuh di dalam saluran telinga. Menurut sebuah laporan, jamur ini berasal dari telinga salah satu wanita yang tidak disebutkan namanya.

Ia pergi berobat ke dokter setempat setelah mengalami gatal dan rasa sakit di dalam telinganya. Dokter tersebut lantas menggunakan endoskop elektronik untuk mencari tahu sumber penyakitnya.

infeksi jamur dalam telinga

Pemeriksaan inilah yang berhasil mengungkapkan adanya infeksi jamur dalam telinga yang cukup luas. Menurut Spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) di London Bridge Hospital, David Bowdler, adanya jamur dalam telinga seseorang merupakan sebuah penyakit klasik.

Sebagaimana dilansir VT, Kamis (12/9/2019), dr. David kemudian menggambarkan bahwa penyakit ini merupakan infeksi jamur pada saluran telinga luar, yang disebut aspergillus niger. Menurut para ilmuwan jamur ini bertanggung jawab atas sembilan dari 10 infeksi jamur yang ada di dunia.

Meskipun video infeksi tersebut sangat mengganggu, tapi kasus seperti ini tidak jarang terjadi seperti yang dibayangkan. Dokter Bowdler mengungkapkan bahwa kondisi tersebut dapat timbul akibat penggunaan obat yang salah.

telinga gatal

(Foto : Ilustrasi)

Penggunaan obat oral yang bertentangan dengan tetes telinga, atau karena obat tersebut tidak efektif mengobati menjadi faktor pendorong munculnya jamur. Gejala dapat bervariasi mulai dari kesulitan pendengaran, keluarnya cairan, bengkak, dan nyeri.

Infeksi dari penyakit ini dapat sangat bervariasi dalam hal keparahan. Tetapi jamur ini biasanya paling umum terjadi di negara-negara tropis lembab, di mana kondisi secara alami cocok untuk mempromosikan pertumbuhan.

Sakit Telinga

Walau begitu, Dr Bowdler menambahkan bahwa pengobatan jamur telinga merupakan urusan sederhana. Dengan kombinasi tetes maka dapat menghilangkan kotoran-kotoran membandel pada telinga.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini