nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Merawat Kulit biar Tetap Sehat dan Cantik di Usia Senja

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 20:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 12 611 2104130 cara-merawat-kulit-biar-tetap-sehat-dan-cantik-di-usia-senja-0QsQI5FU6U.jpg Merawat kecantikan (Foto: Pakifashion)

SEIRING bertambahnya usia, fungsi sel dan organ tubuh mengalami penurunan. Begitu juga dengan kondisi kulit. Sejak usia 20 tahun, tanpa sadar kulit sudah mulai mengalami penuaan. Karena itu merawat kulit harus jadi kewajiban agar tetap sehat dan cantik.

Terlebih di usia 30 tahun tanda-tanda penuaan sudah mulai terlihat seperti timbulnya kerut, kulit kusam, dan kering. Di atas usia 40 tahun, tanda-tandanya semakin bertambah parah. Lalu di usia 50 tahun, penuaan dapat mengakibatkan kelainan pada kulit dan menganggu secara fungsi. Lantas cara merawat kulit seperti apa yang disarankan?

Merawat kulit

Biasanya keluhan yang sering terjadi pada orang lanjut usia (lansia) di atas 50 tahun adalah kulit kering dan rasa gatal. Namun keluhan-keluhan itu masih bisa diatasi dengan cara yang cukup mudah.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Susie Rendra, Sp.KK, ada beberapa cara untuk mengatasi keluhan kulit di usia tua. Pertama, hindari mandi dengan air yang terlalu panas. Usahakan untuk mandi dengan air yang mengucur dari keran. Sebab air panas dapat membuat kulit menjadi kering yang pada akhirnya menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman.

"Tapi orangtua kadang-kadang enggak tahan dingin karena biasanya tubuhnya pengin hangat. Kalau kena dingin tubuhnya menggigil atau apa. Jadi bisa diakali dengan penggunaan air yang suhunya suam-suam kuku," ungkap dr Susie saat ditemui Okezone dalam acara diskusi media 'Kulit Sehat di Usia Senja' yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Pondok Indah Group, Kamis (12/9/2019) di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan.

Klik ke halaman selanjutnya untuk info lebih lanjut mengenai merawat kulit di usia senja.

Cara selanjutnya adalah menggunakan sabun tanpa pewangi. Ternyata, pewangi pada sabun apabila berhadapan dengan kulit dapat memicu rasa gatal. Jadi usahakan untuk menggunakan sabun yang biasa saja. Selain itu, hindari penggunaan sabun antiseptik karena bisa membuat kulit semakin kering.

 Perawatan kulit

"Pakailah sabun dengan kadar pelembap yang tinggi, mengandung susu boleh atau moisturizer tambahan. Lalu sekarang ada beberapa produsen sabun yang memodifikasi formula sabun antiseptiknya dengan ditambah moisturizer. Jadi tidak membuat kulit kering dan tetap bersifat anti bakteri, itu boleh juga digunakan," papar dokter yang berpraktek di RS Pondok Indah - Puri Indah itu.

Kemudian untuk menjaga kulit tetap sehat, gunakanlah pelembap dan tabir surya secara rutin. Namun ingat, hindari pula pelembap yang terlalu wangi karena efeknya tidak baik bagi kulit asia. Penggunaan tabir surya sangat disarankan karena efek sinar matahari ke kulit tidak baik.

Selanjutnya, perbanyaklah makanan anti aging seperti sayuran dan buah. Hindari makanan-makanan proaging yang dapat mempercepat penuaan kulit seperti makanan berlemak danbyabg mengandung gula berlebih.

Sekali-kali tidak masalah memakan makanan tersebut, tapi juga harus diimbangi dengan makanan yang sehat. Jangan lupa juga untuk berolahraga dan bila perlu konsumsi vitamin antioksidan.

"Terakhir jangan lupa merawat dan memerhatikan kesehatan kulit. Bila ditemukan keluhan, prinsipnya self medication, bisa dengan penggunaan obat yang dijual di pasaran. Tapi apabila 1-2 minggu enggak ada perbaikan, maka cobalah berobat ke dokter untuk mengatasinya," pungkas dr Susie.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini