nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenangan Manis BJ Habibie dan Ainun di Rumah Pribadi di Patra Kuningan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 09:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 12 612 2103827 kenangan-manis-bj-habibie-dan-ainun-di-rumah-pribadi-di-patra-kuningan-kAyr64b4IS.jpg Rumah BJ Habibie di Patra Kuningan (Foto: M. Sukardi/Okezone)

Air mata bangsa Indonesia mengalir deras. Salah seorang putra bangsa terbaiknya berpulang. Adalah BJ Habibie, Presiden ke-3 Indonesia ini mengembuskan napas terakhirnya, Rabu 11 September 2019, pukul 18.05 WIB.

Kenangan manis BJ Habibie tertuang dalam sejarah bangsa. Mulai dari kecerdasannya hingga kesederhanaannya dalam mencintai sang istri, Ainun Habibie.

 Rumah dengan banyak orang

(Foto: M. Sukardi/Okezone)

Mengulik bagaimana sosok BJ Habibie tak hanya melalui buku sejarah, tetapi lewat isi rumahnya pun kita bisa tahu bagaimana karakter pria kelahiran Pare Pare, 25 Juni 1936 ini.

Melalui video Youtube Kevin Hendrawan, berikut ulasan lengkap isi rumah BJ Habibie lengkap dengan kenangan manisnya dengan Ainun.

 Medali

(Foto: M. Sukardi/Okezone)

Ruangan pertama yang akan Anda lihat saat pertama kali datang ke rumah BJ Habibie di Patra Kuningan 13 Jakarta Selatan adalah ruang Indonesia.

Di sana bisa dilihat ada beberapa figura yang merepresentasikan beberapa budaya besar di Indonesia. Filosofi pun bertaburan di setiap sudut rumah ini.

 Mobil-mobil diparkir

(Foto: Kevin Hendrawan/Youtube)

Selanjutnya, ada hal menarik di dalam rumah Eyang Habibie. Kevin pun memerlihatkan beberapa koleksi mobil antik milik Eyang. Saking takjubnya, Kevin sampai berucap, "Aku mau punya garasi mobil seperti ini someday," ucapnya di dalam video tersebut.

Hal menarik yang didapatkan Kevin di garasi mobil ini ialah BJ Habibie memiliki seluruh koleksi Mercedes Benz bahkan dari sebelum Indonesia merdeka. Tidak hanya mobil, Eyang Habibie juga ternyata mengoleksi motor tua.

Lebih lanjut, di dalam kawasan rumah ini, ternyata ada satu bangunan yang dinamakan 'Pendopo Habibie Ainun'. Di dalam sana Anda bisa melihat banyaknya kenangan manis dua sejoli ini. Foto-foto mereka tertata rapi di setiap sudut ruangan.

 Laki-laki dan perempuan

(Foto: M. Sukardi/Okezone)

Kevin pun menjelaskan sedikit penghargaan yang dimiliki Habibie. "Sosok ini pernah mendapatkan Nobel dan 46 hak paten penerbangan," katanya.

Setelah menyatakan itu, Kevin pun memerlihatkan adanya Taman IPTEK di kawasan rumah Habibie. Taman ini digadang-gadang bentuk dedikasi Habibie pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, ada Perpustakaan Habibie yang luar biasa.

 Dua laki-laki berdiri

(Foto: M. Sukardi/Okezone)

Habibie dan mimpi tentang pesawat untuk Indonesia

Karena kita satu-satunya benua maritim di dunia, menurut Habibie, kita mesti punya transportasi yang bisa menghubungkan itu semua dan pesawat adalah transportasi yang memungkinkan.

Selain itu, dengan adanya pesawat buatan Indonesia, hal itu bisa meningkatan perekonomian bangsa.

"Kita mampu, kita nggak kalah dengan bangsa lainnya. Hanya ada lima negara yang memproduksi pesawat penumpang dan salah satunya Indonesia," tutur Habibie dalam sesi wawancara.

 Suvenir

(Foto: M. Sukardi/Okezone)

Di video ini juga Kevin menyampaikan, semangat Habibie adalah semangat bangsa Indonesia. Di usianya yang sudah tak muda, beliau masih terus berupaya memajukan negara ini.

"Semangat Habibie itu luar biasa untuk bangsa Indonesia, khususnya untuk bidang penerbangan," ucapnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini