nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Membeli Ikan Hias biar Enggak Ketipu

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 22:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 13 196 2104663 5-tips-membeli-ikan-hias-biar-enggak-ketipu-878tw1K4l1.jpg Tips memilih ikan hias biar enggak ketipu (Foto: Petcentral)

HOBI pelihara ikan hias jadi salah satu cara orang melepas stres. Sayangnya, tidak banyak pemula belum tahu, bagaimana mengawali kebiasaan ini. 

Terlebih menurut fengshui, memelihara ikan hias dapat membawa hoki atau pembawa rezeki di rumah. Banyak pula manfaat memelihara ikan hias untuk kesehatan tubuh yang belum diketahui. 

Dilansir Okezone dari Fengshuinexus,  Konsultan Allan Schwartz, LCSW, PhD mengatakan, ikan yang dipelihara dalam akuarium memiliki kemampuan untuk mengurangi stres dan kecemasan. Sebab gerakan serta warna-warni ikan tersebut memiliki efek menenangkan.

Ilustrasi ikan hias

Selain itu, para ahli dari National Marine Aquarium dari Universitas Plymouth dan University of Exeter menyebutkan, jika seseorang menatap ikan berenang, dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi denyut jantung. 

Juga menariknya lagi, memelihara ikan hias dapat membuat orang cepat sembuh dari sakit gigi. Karenanya, ikan hias dipercaya memiliki efek terapetik, yang mampu mengurangi trauma seseorang saat sakit gigi.

Terlepas dari itu, seseorang yang ingin mengoleksi ikan hias di dalam satu akuarium saja, banyak pilihan jenisnya. Saking senangnya, Anda rela merogoh kocek jutaan, terlebih kalau jenis ikan yang ingin dipelihara itu langka. 

Seiring berkembangnya teknologi, membeli ikan pun dapat dilakukan dengan sistem online. Dengan cara ini Anda tak perlu repot lagi ke pasar ikan hias di waktu senggang. 

Tapi, menurut Founder Satuair Danang Prima, agar tidak mudah tertipu, Anda harus memperhatikan banyak hal sebelum membeli ikan hias. Apalagi di situs daring, siapapun bisa jualan ikan, alih-alih pedagang bodong dan bisa ketipu. Seperti apa ya tipsnya?

Tips beli ikan hias

1. Pastikan mengenal reputasi dari penjual

Mengenal reputasi penjual bisa menggunakan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai forum online, baik di media sosial maupun website forum. Anda bisa memperhatikan setiap tindak-tanduk dan komunikasi antar penjual dan pembeli, untuk mengecek track record-nya. 

2. Jangan terkecoh harga murah

Setiap satu jenis ikan bisa dijual dengan beragam kisaran harga. Kalau mau membeli lewat online, Anda harus menyesuaikan dengan harga pasaran. Jangan mudah terkecoh dengan harga murah, karena bisa saja Anda ditipu oleh si penjual. 

3. Beli ikan dari orang yang punya farm

Pastikan membeli ikan dari penjual yang memiliki farm pembiakan serta pemeliharaan ikan hias. Si penjual pasti tidak akan berbohong dan tentunya menawarkan ikan hias dengan kualitas bagus. 

 Ilustrasi ikan hias

4. Cari penjual yang komunikatif

Penjual yang baik pasti akan melayani pelanggannya dengan baik. Makanya cari penjual yang selalu komunikatif dengan pembeli. Misalnya, saat terjadi kendala setelah transaksi, tentu memudahkan Anda atau merasa tidak dirugikan. 

5. Pilih platform yang banyak review

Saat ini banyak platform yang menawarkan penjualan ikan hias secara khusus. Pilih platform terpercaya dengan banyak review, serta memiliki sistem dan algoritma yang unik khusus ikan hias. Dengan cara ini Anda akan merasa tidak tertipu oleh penjual ikan hias walau tidak bertatap muka langsung.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini