nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berburu Makanan Halal di Negeri Tirai Bambu

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 14:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 13 298 2104396 berburu-makanan-halal-di-negeri-tirai-bambu-MN4dhRND1u.jpg Kuliner China. (Foto: Okezone)

MASING-MASING negara memang memiliki makanan khas, yang menjadi ciri mereka. Tapi, tentunya tidak semua makanan bisa kita nikmati, apalagi bagi umat muslim.

Nah, kuliner khas China tepatnya di Hangzhou mungkin tidak jauh berbeda dengan daerah lainnya di Negeri Tirai Bambu tersebut. Okezone pun berkesempatan mencicipi beberapa makanan saat berada di Hangzhou.

Tapi yang harus diingat adalah, harus pintar-pintar memilih dan bertanya kepada sang penjual, apakah makanan tersebut mengandung pork atau tidak. Sebab mayoritas makanan di Hangzhou banyak mengandung pork.

Tentu bagi umat Islam, makanan mengandung pork dilarang untuk dimakan. Meski mayoritas makanan di Hangzhou non-halal, ada juga beberapa makanan berlabel halal. Untuk itu Okezone merangkum beberapa makanan favorit, halal hingga ekstrem di Hangzhou:

1. Sate gurita

Meski mayoritas makanan di Hangzhou non-halal, ada juga beberapa makanan berlabel halal.

Sate gurita menjadi salah satu menu favorit. Gurita ini dibakar, kemudian dilumuri dengan saus black pepper maupun mushroom. Ketika lidah mengoyak sate gurita, tekstur dagingnya kenyal dan tentu rasanya pecah di lidah.

Selain sate gurita, makanan seafood di hotel ini menjadi andalan, seperti udang bakar, sate cumi, udang, kerang hingga sashimi.

2. Sate kambing hingga kebab

Pasar yang buka mulai pukul 17.00 hingga 23.00 waktu setempat.

Tempat makan ini berlokasi di pasar malam (wulin night market). Pasar yang buka mulai pukul 17.00 hingga 23.00 waktu setempat.

Situasi Wulin night market seperti Pasar Baru di Jakarta Pusat. Banyak yang menjual makanan, asesoris, pakaian hingga menjadi pusat oleh-oleh turis.

Sepanjang jalan Wulin night market berjejeran tempat makan. Tentunya kita harus pintar-pintar memilih makan, karena mayoritas makanan mengandung pork. Untungnya dari ratusan kios yang berdiri tegak, ada satu tempat makan halal yang ditemui Okezone.

Tempat makan ini menjual sate kambing hingga kebab. Bahkan penjualnya sempat menanyakan apakah kamu seorang muslim. Jika seorang muslim, penjual ini akan memberikan diskon. Saat memakan sate ini, rasanya cukup gurih. Karena rasanya familiar dengan lidah orang Indonesia.

3. Makanan ekstrem (sate kelabang hingga laba-laba)

Okezone menemukan makanan ekstrem yang membuat jijik dan rasa takut jika memakannya.

Masih di Wulin night market, Okezone menemukan makanan ekstrem yang cukup membuat mual bagi mereka yang belum terbiasa.

Makanan tersebut adalah berbagai macam sate binatang melata dan beracun. Ada sate kelabang, kecoa, laba-laba, cicak, kalajengking hingga larva. Sayangnya Okezone tidak mencicipi makanan ini. Apakah kamu berani?

1
3

Berita Terkait

makanan halal

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini