nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pola Makan Sehat Ini Bisa Selamatkan Bumi dari Kerusakan

Nikmatul Nurul Aeni, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 17:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 13 298 2104474 pola-makan-sehat-yang-bisa-selamatkan-bumi-dari-kerusakan-BC1iXjD8tZ.jpg Pola makan sehat yang bisa selamatkan Bumi (Foto: Theguardian)

PLANETARY health diet adalah pola makan sehat yang bisa mengurangi kerusakan Bumi. Dengan cara mengubah pola makan. Komisi EAT-Lancet yang telah mengusulkan diet planet sehat.

Dilansir dari Bustle, Jumat (13/09/2019) Terdapat 37 pakar yang berlatar belakang pangan, pertanian, dan perubahan iklim. Para pakar mengklaim, jika manusia di seluruh dunia dapat menerapkan pola makan sehat tersebut, maka dapat membantu 10 miliar orang mendapatkan makanan yang lebih sehat, mengurangi obesitas, dan mencegah kerusakan jangka panjang terhadap lingkungan. PBB melaporkan, bahwa populasi dunia diproyeksikan mencapai 9,8 miliar pada tahun 2050.

 Pola makan sehat

Para pemimpin dunia bekerja keras untuk mencari jawaban tentang bagaimana bisa memberi makan populasi yang terus tumbuh saat ini. Menurut sebuah laporan dari Guardian, makanan dapat memengaruhi atas sepertiga dari emisi gas rumah kaca di dunia.

Tak cuma itu, pola makan tak teratur, secara global juga mengakibatkan obesitas di beberapa negara dan kelaparan di negara lain. Kondisi ini tentu berbanding terbalik dengan pola makan sehat.

Planetary health diet bertujuan untuk memperbaiki masalah ini dan menyediakan makanan lebih murah, lebih sehat, dan lebih ramah lingkungan. Berharap semua dapat menerapkan hal ini. Perlu kamu ketahui, bahwa planetary health diet memiliki persyaratan yang berbeda tergantung di mana Anda tinggal.

 Pola makan sehat

Menurut Guardian, konsumsi daging merah dan gula harus dibagi menjadi dua. Sementara sayuran, buah dan kacang-kacangan harus dibagi menjadi lebih dari dua bagian.

Misalnya orang Amerika Utara perlu makan 84 persen lebih sedikit daging merah. Namun perbanyakan kacang-kacangan. Bagi orang Eropa, makan 77 persen lebih sedikit daging merah dan 15 kali lebih banyak kacang dan biji-bijian.

The Guardian melaporkan bahwa, sebagian besar tanaman memiliki 2.500 kalori per hari. Bagi mereka yang ingin mengikuti diet ini, cukup konsumsi asupan harian 7gram daging merah. Hal itu mengarah pada pengurangan konsumsi daging. Misalnya makan steak hanya sebulan sekali dalam porsi kecil. Begitu juga dengan burger.

Planetary health diet juga menganjurkan untuk konsumsi 250 ml susu perhari. The Guardian juga melaporkan bahwa Walter Willet, salah satu pemimpin komisi Eat-Lancet mengatakan 

"Kami tidak berbicara tentang kekurangan diet disini, berbicara tentang cara setiap orang berpartisipasi dalam planetary health diet. Kita dapat meningkatkan kesehatan global secara menyeluruh, mengurangi emisi gas rumah kaca, dan menerapkan sistem pangan global," pungkasnya. 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini