nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabut Asap Riau Berbahaya, Ancaman Kematian di Depan Mata!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 16:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 13 612 2104437 kabut-asap-riau-berbahaya-ancaman-kematian-di-depan-mata-S182uyJi6D.jpg Kabut asap Riau (Foto: Twitter/@yosi_yiso)

KABUT Asap di Pekanbaru, Riau, semakin parah. Status udara di sana pun masuk dalam kategori sangat berbahaya dengan angka 619 US AQI. Bahkan dalam indeks standar pencemar udara (ISPU) di TKP, tertulis kalimat 'TINGGALKAN RIAU !!!'.

Kondisi ini semakin buruk karena penanganan masalah yang belum maksimal. Kabut asap yang ada di Riau berasal dari kebakaran hutan dan lahan yang ada di beberapa titik. Hal tersebut berdampak langsung pada masyarakat, mereka mulai mengeluhkan berbagai penyakit pernapasan.

Bahkan, menurut beberapa sumber kabut asap mulai masuk ke rumah warga dan ini benar-benar sudah sangat mengkhawatirkan. Belum lama ini juga viral sebuah video yang memerlihatkan pengendara motor terjatuh karena jarak pandang yang sangat pendek.

 Riau

Netizen pun banyak yang membagikan video kondisi Pekanbaru, Riau, sekarang. Jika dilihat di sana, lingkungan secara keseluruhan tertutup asap. Anda tidak melihat pemandangan indah, yang ada adalah situasi menakutkan yang perlu segera diatasi agar tidak menyebabkan dampak yang lebih besar.

Dampak tersebut tak lain adalah kematian. Ya, paparan asap secara berlebihan dan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kematian jika Anda memang punya masalah pernapasan sebelumnya yang sudah berlangsung lama.

Dalam laman Health Line, ada tiga dampak bahaya yang bisa dialami mereka yang mengirup asap kebakaran. Dampak pertama ialah batuk dan iritasi tenggorokan atau dada.

Hal ini terjadi karena kadar kabut asap yang tinggi dapat secara langsung mengiritasi sistem pernapasan. Semakin lama Anda terpapar, ini juga bahaya untuk paru-paru, bahkan setelah Anda sudah tidak lagi mengirup asap tersebut. Jadi, dapat dikatakan, dampak asapnya bisa menetap lama di tubuh.

Kondisi yang mengkhawatirkan adalah memburuknya gejala asma. Pada mereka yang memiliki kondisi asma sebelum terpapar asap, maka akan sangat bahaya jika dibiarkan berada di lingkungan berasap. Apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Kabut asap

Sementara itu, pada mereka yang tidak punya asma sebelumnya, jika terpapar asap terlalu banyak dan dalam durasi yang panjang, maka bisa memicu serangan asma. Perlu penanganan segera jika sudah mulai muncul gejala asma supaya tidak memperburuk kondisi kesehatan.

Selain itu, kesulitan bernapas dan kerusakan paru-paru menjadi ancaman lain yang perlu diketahui. Ya, asap dapat membuat Anda sulit bernapas dalam dan dengan begitu, fungsi paru-parunya akan melemah dan ini bisa berakibat fatal pada orang-orang tertentu, misalnya yang punya riwayat sakit paru-paru.

 Kabut asap riau

Sebagai catatan, kabut asap memengaruhi setiap orang secara berbeda dan beberapa orang lebih rentan terhadap efek negatifnya. Anak-anak, manula, dan penderita asma harus sangat berhati-hati pada lingkungan berasap.

Semoga kasus asap di Riau ini bisa segera diatasi supaya tidak menelan korban jiwa. Penanganan yang segera dan masif akan sangat diperlukan sekarang ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini