nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Jadi Chef Profesional? Yuda Bustara: Tidak Harus Sekolah Kuliner Formal Kok!

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 20:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 14 298 2104823 mau-jadi-chef-profesional-yuda-bustara-tidak-harus-sekolah-kuliner-formal-kok-8lBcbCLNEV.jpg Chef Yuda Bustara (Foto: Pradita Ananda/Okezone)

Jika dulu jenis profesi yang dianggap menjanjikan hanyalah profesi-profesi konvensional seperti dokter, pegawai bank, PNS, kini seiring dengan berjalannya waktu, profesi seperti chef pun mulai banyak dilirik oleh anak-anak muda, baik pria ataupun wanita.

Salah satu faktor pemicunya, bisa dibilang ialah dengan kehadiran banyak chef-chef muda yang sukses di televisi namun juga sukses di luaran.

Sebut saja seperti Yuda Bustara, ia tidak hanya dikenal sebagai chef yang aktif wara-wiri di televisi. Namun juga secara profesional, ia merupakan diplomatic chef.

 

View this post on Instagram

New recipes coming soon 🔜

A post shared by Yuda Bustara (@yudabustara) on

Juru masak resmi yang kerap diminta untuk memasak berbagai masakan khas Indonesia di luar negeri, oleh banyak perwakilan KBRI di berbagai negara.

Untuk mencapai titik karier sebagai chef profesional dan sukses seperti Chef Yuda, tentunya bukan proses yang mudah. Namun sebetulnya, jika ingin berkarier sebagai chef professional apakah menempuh pendidikan formal di sekolah kuliner merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi?

Ternyata, Yuda menjawab pada dasarnya ia pribadi untuk bisa bekerja sebagai chef professional, menempuh sekolah masak formal bukanlah sebuah keharusan.

 

View this post on Instagram

Flambe turah

A post shared by Yuda Bustara (@yudabustara) on

“Menurut saya enggak ya, zaman sekarang sekolah masak formal enggak penting yang penting pengalaman. Pengalaman itu enggak bisa dibohongin, kayak Chef Arnold Poernomo deh, dia enggak sekolah masak formal. Tapi memang satu keluarga punya industri makanan, dilahirkan dari seorang ibu yang memang chef," jelas Yuda panjang lebar kala ditemui Okezone, Jumat, 13 September 2019 di Jakarta.

Menurutnya, banyak yang sukses dari sekolah masak formal, termasuk dirinya. Tapi buat Yuda, pendidikan formal membuat jadi lebih gampang saja, karena di sekolah ada manual book-nya untuk bekerja di industri ini.

Namun di sisi lain, Yuda sendiri sebagai seorang chef profesional kategori lulusan sekolah masak formal, tidak menampik bahwa ia bisa membedakan dengan jelas mana yang chef hasil sekolah formal mana yang alami chef rumahan.

“You can tell perbedaannya sih, zaman sekarang banyak celebrity chef misal masak bakso tapi punya resep beda-beda. Mulai dari yang absurd, ada yang benar banget, ada yang simpel saja, jadi keliatan dari resepnya. So biasanya chef yang baik itu pada saat cooking demo, ditanya media atau ibu-ibu dia bisa jawab dengan baik. Itulah pengalaman yang enggak bisa dibaca dari buku, tidak bisa diajarin, harus pengalaman,” tutup Yuda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini