nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Kabut Asap, Netizen Indonesia-Malaysia Siap Perang Pakai Kipas Angin

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 13:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 15 612 2105051 gara-gara-kabut-asap-netizen-indonesia-malaysia-siap-perang-pakai-kipas-angin-0tKtooV1uB.jpg Kabut Asap. (Foto: Reuters)

KABUT asap semakin menghantui Riau dan sebagian wilayah Kalimantan. Kebakaran yang terjadi di sana belum juga bisa teratasi dan nyawa jadi taruhan. Masalah ini pun beri dampak ke Malaysia.

Ya, diketahui dari beberapa sumber, sebagian wilayah di Malaysia pun jadi berasap karena kasus tersebut. Asap yang berada di Indonesia tertiup angin dan membawa asap tersebut ke Malaysia.

Tak ingin kejadian ini terus berlanjut dan membuat masyarakat Malaysia ikut dirugikan, seorang pemuda Malaysia serukan gerakan unik di media sosial. Pria bernama Farhan, meminta kepada semua masyarakat Malaysia untuk mengaktifkan kipas angin dan mengembalikan lagi asap ke Indonesia. Gerakan tersebut disebut dengan "Blow Back The Haze Day".

 

"Let's make the 16th of September "Blow Back The Haze" day. Saya seru semua rakyat Malaysia keluar on the 16th, bawak keluar kipas meja atau stand dan kita semua point it to Indonesia. Secara collective, kita pasti boleh tiup balik jerebu ke Indonesia! Ayuh rakyat Malaysia!!!" tulis akun Twitter @lamkanahraf.

Seruan ini pun viral di media sosial. Sampai berita ini dimuat di Okezone, sudah ada 11 ribuan netizen yang menyukainya dan 19,6 ribu netizen membagikan ulang postingan ini.

Akun tersebut pun membagikan rencana yang bakal dilakukan esok hari tersebut. Dalam bahasa Malaysia, Farhan menuliskan kalimat seperti ini,

"Action plan update - Akana da 'Sleeper Agents' di Sumatera to help capture the haze we will blow back. Kipas akan disusun secara strategik untuk memastikan jerebu di Indonesia sahaja. Sama juga di Kalimantan," tulisnya.

Sementara itu, akun Twitter @rasyourbae1 yang merupakan netizen Indonesia mengetahui rencana ini dan memberikan jawaban atas usulan 'kipas angin dari Malaysia' tersebut.

"Rencana mereka tidak bisa dibiarkan!!! Saya serukan rakyat Indonesia keluar pada 17 September, bawa semua kipas angin keluar kita arahkan ke Malaysia. Kita serang balik mereka. Kalau perlu kipas angin kondangan yang besar semua," kata RM.

So, bagaimana akhir dari pertikaian ini? Kita tunggu saja hasilnya!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini