nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Muncul Ikan Aneh dengan Mata Raksasa, Ini Penampakannya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 16 September 2019 11:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 16 612 2105319 muncul-ikan-aneh-dengan-mata-raksasa-ini-penampakannya-SEmSNPVf4w.JPG Ikan aneh dengan bentuk mata raksasa (Foto: Bourne Mouth)

SEORANG pemancing mendapat kejutan tak terduga ketika kailnya menarik ikan aneh mirip monster yang berbentuk seperti alien dari laut dalam.

Pria tersebut bernama Oscar Lundahl. Ia bahkan hampir melompat keluar dari perahu melihat spesies ikan yang tampak aneh hasil tangkapannya. Ikan aneh tersebut memiliki mata raksasa.

Secara kasat mata, ikan tersebut memang tampak aneh dengan ciri bermata bulat dan bertubuh panjang membentuk garis. Sebenarnya spesimen ini adalah ratfish, nama latinnya Chimaeras Monstrosa Linnaeus.

Ikan aneh dengan mata raksasa

Ikan aneh ini dipercaya sebagai monster dari mitos Yunani yang memiliki kepala singa dan ekor naga. Ikan yang masih berkerabat dengan hiu tersebut diperkirakan sudah ada sejak 300 juta tahun lalu. Mereka hidup di laut dalam dan jarang ditangkap oleh manusia.

Meskipun ratfish tidak berbahaya bagi manusia dan hanya memakan krustasea seperti kepiting dan siput laut, tapi penampilan ikan aneh ini cukup membuat takut para nelayan. Mata besarnya diyakini telah berevolusi untuk membantu melihat dalam kegelapan di laut dalam.

Sebagaimana dilansir The Sun, Senin (16/9/2019), Oscar yang berusia 19 tahun awalnya sedang memancing ikan halibut biru ketika ia menangkap ikan aneh tersebut secara tidak sengaja. Kala itu ia memancing di Pulau Andoya yang terletak di Norwegia utara.

Oscar pun pun menggunakan empat kail yang disusun berbaris dengan ikan kembung sebagai umpannya. Ia sengaja memancing di kedalaman 2,600 kaki pada saat itu.

“Kami sedang mencari halibut biru yang merupakan spesies langka sekitar lima mil lepas pantai. Saya memiliki empat kait pada satu baris dan merasakan sesuatu yang cukup besar di ujungnya. Butuh waktu sekitar 30 menit untuk menariknya karena kedalamannya 800 meter,” terang Oscar.

Dari empat baris kail yang dipasang Oscar, dua di antaranya disambar oleh ikan halibut. Sementara satu mata kail lainnya menangkap ikan aneh berbentuk menyerupai dinosaurus dengan mata besar.

"Ada dua halibut pada dua kait dan saya sangat senang tentang itu dan kemudian saya melihat ada sesuatu yang lain. Itu sangat menakjubkan. Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya. Itu hanya terlihat aneh, seperti dinosaurus,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Oscar mengaku bahwa ikan langka tersebut akhirnya mati karena perubahan tekanan ketika diangkat keluar dari air. Alhasil ia membawa pulang ratfish tersebut dan memasaknya

“Saya tidak tahu apa itu, tetapi rekan saya mengetahuinya. Sedihnya, karena perubahan tekanan secara tiba-tiba, ratfish tidak selamat saat diangkat keluar dari air sehingga saya membawanya pulang dan menggorengnya dengan mentega,” sambungnya.

Oscar pun mengatakan bahwa ikan langka tersebut memiliki cita rasa yang nikmat di balik bentuknya yang jelek. "Meskipun penampilannya jelek, itu benar-benar enak. Ini agak seperti ikan cod tetapi lebih enak,” tutupnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini