nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bertualang ke Aceh, Awkarin Belajar Bikin Kopi Terbalik

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 12:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 17 298 2105818 bertualang-ke-aceh-awkarin-belajar-bikin-kopi-terbalik-VVwUYL5wSF.jpg Awkarin belajar membuat kopi terbalik (Foto: awkarin/Instagram)

Karin Novilda atau lebih dikenal dengan nama Awkarin tengah melakukan perjalanan spiritual di Aceh. Aceh menjadi kota pertama Awkarin dalam projek terbarunya bertajuk 'Kelana Karin'.

Pada kesempatan kali ini, Awkarin diketahui telah mengunjungi beberapa objek wisata dan melakukan sejumlah aktivitas menarik. Salah satunya belajar membuat kopi khas Aceh. Selama ini, Aceh memang dikenal sebagai daerah penghasil kopi berkualitas dengan karakter rasa yang sangat khas.

Melalui unggahan terbarunya, Awkarin membagikan momen keseruannya saat menjajal langsung sensasi meracik kopi Aceh bersama salah seorang barista lokal.

 Perempuan memegang gelas

(Foto: awkarin/Instagram)

Mengenakan hijab berwarna abu-abu dipadu dengan manset hitam dan outer bermotif floral, tampilan Awkarin terlihat cantik dan berbeda dari biasanya. Semburat senyuman manis turut menghiasi wajah wanita berusia 21 tahun itu.

Ia tampak sangat antusias mengikuti petunjuk dari sang barista. Di genggamannya, secangkir gelas kaca berhasil ia telungkupkan dengan sempurna. Teknik membalikkan gelas kopi ini memang menjadi salah satu ciri khas Kupi Khop asal Aceh.

"Hari ini diriku belajar cara membuat Kupi Khop. Salah satu kopi khas Aceh yang cara penyajiannya dengan terbalik. And as i expected it tastes really good tho," tulis Awkarin pada keterangan foto.

 Gelas kopi

(Foto: Tiara Putri/Okezone)

Hasil penelusuran Okezone dari berbagai sumber, Selasa (17/9/2019), arti nama Kupi Khop sendiri diambil dari singkatan kata "Kopi Tertelungkup". Pada awalnya, Kupi Khop dikenal di kawasan Desa Ujung Kareung, Kabupaten Aceh Barat.

Konon, kebiasaan meminum kopi yang sedang dipelajari Awkarin ini bermula dari kebiasaan warga pesisir di Aceh Barat yang gemar meminum kopi dalam rentang waktu yang cukup lama. Mereka biasanya memesan satu gelas kopi, kemudian meminum seteguk sebelum berangkat ke laut untuk berburu ikan.

Gelas kopi sengaja dibalik agar menghindari debu, kotoran, dan serangga ketika mereka sedang melaut.

Namun seiring berkembangnya zaman, kebiasan meminum kopi ini perlahan memudar. Apalagi setelah tren kopi modern menggerus industri kopi lokal.

Perempuan di jendela

(Foto: Awkarin/Instagram)

Masyarakat kini dihadapkan oleh beragam sajian aneka kopi dengan teknik-teknik yang lebih variatif dan kekinian.

Nah, untuk menikmati Kupi Khop ternyata ada teknik khusunya, Okezoners! Ya, mengingat gelas kopi dibiarkan terbalik di atas piring kecil, pengunjung harus menggunakan sedotan untuk menikmati sajian kopi unik tersebut.

Kupi Khop juga bisa diminum dengan cara meniup gelas terlebih dahulu agar cairan kopi merembes ke luar gelas. Setelah itu, Anda hanya tinggal menyesap kopi bila sudah dirasa hangat atau tidak terlalu panas. Menarik bukan?

Dari segi rasa, Kupi Khop menyuguhkan karakter rasa dan aroma khas kopi robusta dengan sedikit sensasi rasa manis karena biasanya ditambahkan gula (bila diinginkan). Jangan khawatir, Anda juga bisa meminta tambahan susu kental manis untuk menciptakan rasa manis yang lebih kuat.

Bagaimana Okezoners? Tertarik mencicipi Kupi Khop? Jangan ragu memasukkan Aceh ke dalam wishlisht liburan Anda seperti Awkarin.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini