nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Emak-Emak Rebutan Rendang, Ini 4 Etiket Ambil Makanan di Prasmanan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 14:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 17 298 2105913 viral-emak-emak-rebutan-rendang-ini-4-etika-ambil-makanan-di-prasmanan-Eb2JLKxoCk.jpg Ilustrasi (Foto: Mashed)

Kasus pertengkaran dua emak-emak rebutan rendang di sebuah acara pernikahan tengah menyita perhatian netizen Indonesia. Hingga saat ini, belum diketahui pasti apakah kejadian tersebut benar-benar nyata, atau hanya untuk keperluan komersial.

Namun sayangnya, video pertengkaran mereka terlanjur viral di media sosial dan menjadi konsumsi publik. Hasil pantauan Okezone, kejadian tersebut sebetulnya dipicu oleh persoalan yang cukup sederhana yakni, berebut rendang di prasmanan.

Menilik video yang diunggah oleh akun parodi @hati2dimedsos, seorang wanita berkebaya hijau toska memang tampak mengambil beberapa rendang dari atas wadah saji hingga memenuhi piringnya. Melihat pemandangan tersebut, wanita berkebaya krem yang memegang piring kosong merasa tidak terima.

Ia meneriaki wanita berkebaya hijau toska dengan kata-kata yang menusuk kalbu.

"Dasar kampungan. Situ mau ngasih makan orang sekampung? Norak tau enggak," ujarnya.

 Makanan di meja

Alhasil, pertengkaran hebat pun pecah hingga mereka harus dipisahkan oleh para tamu undangan lainnya.

Berkaca dari kasus ini, Okezone mencoba membahas lebih lanjut tentang etika mengambil makanan di prasmanan, terutama pada acara-acara spesial seperti resepsi pernikahan. Ya, meski semua makanan bisa Anda nikmati sesuka hati, namun ada beberapa etika yang harus Anda ketahui. Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (17/9/2019), berikut ulasan lengkapnya.

1. Jangan memotong antrean

Sebelum dipersilakan oleh pengelola acara, sebaiknya Anda menahan diri untuk mengambil makanan yang telah tertata rapi di prasmanan. Selain itu, jangan nekat memotong antrean karena tindakan tersebut dinilai tidak sopan, dan bisa memicu keributan. Anda juga akan dicap serakah oleh tamu undangan lain. Untuk mengakalinya, Anda bisa melihat-lihat terlebih dahulu lauk atau menu makanan yang telah disajikan, baru bergabung di barisan.

 Makanan di meja

2. Jangan ambil makanan dengan tangan

Sebelum mengambil makanan yang telah tertata rapi di atas prasmanan, perlu diingat bahwa makanan-makanan itu akan disantap oleh banyak orang. Oleh karenanya, jangan sekali-kali mengambil makanan dengan tangan. Gunakanlah sendok atau alat penjepit yang telah disediakan. Setelah itu, letakkan kembali alat tersebut di tempat semula untuk menjaga makanan agar tetap segar dan nyaman di pandang mata. Kalau sudah tercampur aduk, siapa yang tertarik menyantapnya?

3. Hati-hati saat bersin

 

Saat sedang mengantre di barisan, perhatikanlah kondisi sekitar sebelum Anda bersin. Bila memungkinkan, menjauhlah terlebih dahulu dari barisan agar bakteri dan virus yang berasal dari bersin Anda tidak mengontaminasi makanan di prasmanan. Jangan khawatir, orang-orang akan memaklumi Anda.

4. Jangan kalap

Nah, untuk menghindari pertengkaran seperti emak-emak yang lagi viral, cobalah menahan diri untuk tidak kalap atau mengambil makanan dalam porsi yang berlebihan. Bila ingin mencicipi semua makanan yang tersaji, ambillah dalam jumlah kecil dan atur secara teliti di atas piring. Jadi makanan tidak menumpuk dan Anda bisa menikmatinya dengan santai.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini