nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penampakan Anggrek Langka Menyerupai Wajah Monyet

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 01:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 17 406 2106038 penampakan-anggrek-langka-menyerupai-wajah-monyet-o719ZoNPL9.jpg Bunga Anggrek Monyet (Foto: extraordinary_gardens/Instagram)

Alam menyimpan banyak misteri yang belum terungkap oleh manusia. Salah satunya adalah anggrek yang memiliki bentuk bunga menyerupai wajah seekor monyet.

Bentuk anggrek yang sangat mirip dengan wajah primata tersebut membuat bunga ini mencuri perhatian netizen sejak beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui meletakkan anggrek pada halaman depan dan belakang rumah disebut bisa menghilangkan stres bagi pemiliknya. Bentuk anggrek yang unik beserta warna khas yang dimilikinya bisa menyejukkan hati.

 Bunga unik

Anggrek merupakan bunga yang cukup tradisional dan menjadi salah satu anggota keluarga tumbuhan terbesar di planet ini. Jumlah varian anggrek mencapai lebih dari 30 ribu dan menawarkan beberapa varietas yang mungkin terlihat unik.

Sebagaimana dilansir VT, Rabu (18/9/2019), salah satu yang unik dan spesial adalah Anggrek Monyet. Sesuai dengan namanya, bunga ini benar-benar terlihat seperti wajah monyet kecil yang manis.

 Bunga unik

Penampakan wajah monyet akan terlihat dengan jelas jika Anda melihat bunga anggrek dari sisi depan yang memperlihatkan kepala putik dan kepala sari dari dalam bunga.

Anggrek monyet ini berasal dari Hutan Ekuador Tenggara dan Peru. Anggrek ini memiliki nama asli Dracula Simia yang berarti ‘Monyet naga kecil’ atau lebih mudah disebut Anggrek Monyet. Anggrek ini bisa ditemukan di hutan awan yang berada di ketinggian 1.000-2.000 meter di atas permukaan laut.

 Bunga unik

Wajah berbentuk monyet ini diciptakan dari bentuk kelopak bunga dan benang sari. Spesies ini ditemukan oleh seorang ahli botani bernama Carlyle A. Lueren pada 1978. Meski bentuknya miripnya seperti wajah monyet, namun mereka tidak bau.

Bahkan Anggrek monyet menghasilkan aroma seperti jeruk yang sangat menyenangkan. Pada habitat aslinya, Anggrek Monyet dapat berbunga sepanjang tahun. Mereka lebih suka tinggal di suhu dengan kelembapan 70-100%, suhu sejuk, dan cahaya yang minim.

Habitat hidupnya yang sulit ini membuat para botani awal akan merasa kesulitan jika ingin membudidayakannya. Anggrek Monyet dapat tumbuh setinggi dua kaki dan jika Anda ingin menanamnya di rumah, maka disarankan untuk menempelkannya dalam lumut sphagnum.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini