nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Irish Bella Alami Perdarahan saat Hamil, Kenali Penyebabnya Yuk Moms

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 17:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 17 481 2106006 irish-bella-alami-perdarahan-saat-hamil-kenali-penyebabnya-yuk-moms-Yfrk3UXdRa.jpg Irish Bella (Foto: _irishbella_/Instagram)

Karena terlalu lelah beraktivitas, Irish Bella sempat mengalami perdarahan di usia kehamilannya ke-6 bulan. Dia bahkan dilarikan ke rumah sakit hingga diharuskan untuk bedrest.

Irish Bella pun menjadikan insiden perdarahan itu sebagai teguran. Terlebih artis yang mulai belajar berhijab ini dinyatakan hamil kembar dan harus menjaga kondisi kesehatan.

Belajar dari kasus perdarahan saat hamil yang dialami Irish Bella, Anda harus tahu faktor pemicunya. Masalah ini sebenarnya sering dialami banyak perempuan hamil karena aktivitasnya yang terlalu padat.

 Perempuan hamil

Spesialis Obstetri dan Ginekologi Dr dr Ali Sungkar, SpOG, menjelaskan, penyebab ibu hamil mengalami perdarahan itu berbeda-beda faktor pemicunya. Dilihat dulu di bagian mana perdarahan itu terjadi, apakah dari bagian Miss V atau daerah lain.

"Perdarahan macam-macam faktornya, bisa terjadi setelah berhubungan seks, perdarahan karena tumor atau kanker serviks atau karena plasenta previa. Jadi dilihat secara langsung, dari Miss V atau bukan," ucap Dokter Ali Sungkar saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2019).

Dia menuturkan, dalam kehidupan sehari-hari, ibu hamil seringnya mengalami perdarahan karena plasenta previa. Gejala utamanya terjadi perdarahan tanpa rasa sakit selama paruh kehamilan.

 Perempuan hamil

Ibu hamil yang terlalu lelah atau dalam kondisi stres berat bisa mengalami perdarahan tersebut. Efeknya bisa menjadi tanda bahaya pada kehamilannya.

"Plasenta previa ini artinya ari-ari menutupi jalan lahir bayi. Ketika hamil muda dapat menyebabkan janin kekurangan oksigen," terang Dokter Ali Sungkar.

Setelah mendapat pertolongan medis, ibu hamil harus bedrest. Selain menstabilkan kondisi kesehatannya, janinnya juga harus dijaga dengan baik.

Saat bedrest, tentunya bukan cuma membatasi aktivitas biasa. Namun juga Anda tidak boleh berhubungan seks terlebih dahulu serta menghindari olahraga sampai dokter menganjurkan kembali.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini