nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Shandy Aulia Hobi Pilates saat Hamil, Apa Kata Dokter Kandungan?

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 15:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 18 481 2106349 shandy-aulia-hobi-pilates-saat-hamil-apa-kata-dokter-kandungan-4dkcH6BYOh.jpg Shandy Aulia (Foto: shandyaulia/Instagram)

Walau lagi hamil, Shandy Aulia tak pantang beraktivitas fisik. Dia pun tetap rajin olahraga demi menjaga kebugaran tubuhnya.

Tapi ada-ada saja netizen julid mengomentari kebiasaan Shandy Aulia tersebut. Artis cantik 32 tahun itu bahkan dicap niat rajin olahraga di tengah hamil muda untuk tujuan tak baik.

 Perempuan pilates

Padahal menurut Spesialis Obstetri dan Ginekologi Dr dr Ali Sungkar, SpOG, ibu hamil sangat dianjurkan untuk olahraga. Jenisnya yang dipilih harus low impact, agar tidak membahayakan kehamilannya.

"Olahraga dianjurkan untuk ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan pengenceran darah, jantungnya dilatih, sehingga punya toleransi untuk penambahan cairan dan oksigen dalam tubuh," ujar Dokter Ali Sungkar ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa 17 September 2019.

Dokter Ali Sungkar menyebutkan, olahraga low impact pada ibu hamil antara lain berenang, jalan kaki, hingga sepeda statis.

Olahraga tersebut sangat baik dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

 Perempuan pilates

Lalu bagaimana dengan kebiasaan Shandy Aulia yang senang pilates ya? Dokter Ali Sungkar pun tidak mempermasalahkannya kok.

Menurutnya, latihan pilates, aerobik ringan, serta yoga pun disarankan untuk ibu hamil. Karena manfaatnya dapat melatih pernapasan serta kelenturan rahim, yang sangat baik dilakukan untuk persiapan melahirkan.

"Pilates baik untuk mengatasi kelelahan, mood swing sampai bebas sakit pinggang. Kalau yoga menjaga kelenturan untuk mengejan saat melahirkan. Yang perlu diperhatikan waktunya saja, cukup 30 menit sehari yang penting rutin," simpulnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini