nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manfaat Berlari sambil Mendengarkan Musik, Salah Satunya Bikin Langkah Makin Banyak

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 05:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 19 481 2106602 manfaat-berlari-sambil-mendengarkan-musik-salah-satunya-bikin-langkah-makin-banyak-kWNstpYBmv.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Olahraga lari sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Para pencinta olahraga lari ini pun memiliki trik sendiri untuk membuat kegiatan mereka menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik.

Berdasarkan survei yang dilakukan Runner's World 2016, 61 persen responden mengatakan mendengarkan musik saat berlari. Dari angka tersebut, 82 persen dari mereka mendengarkan lagu favorit.

Begitu pun dengan studi yang dilakukan oleh Running USA pada 2017, lebih dari setengah responden mengatakan mendengarkan musik saat berlari. Studi lain mengatakan, mendengarkan musik dengan tempo cepat atau lagu-lagu motivasi dapat meningkatkan langkah 15 persen lebih banyak dan lebih cepat.

 

Hal ini juga dirasakan oleh sport enthusiast, Rieta Santoso. Ditemui dalam peluncuran Powerbeats Pro earphone di Jakarta baru-baru ini, Rieta mengatakan mendengarkan musik dapat memengaruhi jarak tempuh lari.

"Kalau sambil mendengarkan musik kita lebih menikmati aktivitas lari kita dan lupa tinggal berapa kilometer ya. Karena playlist kita pasti otomatis lagu kesukaan kita kan," ujar Rieta.

Bagi Rieta, lagu-lagu yang dipilih untuk menemani kegiatan larinya adalah lagu favorit, mulai dari yang slow hingga beat. "Saya lebih prefer ke yang saya enjoy aja," lanjutnya.

Selain mendengarkan musik favorit, pemilihan earphone juga penting menurut Rieta. Ia lebih suka menggunakan earphone tanpa kabel dan tahan air, sehingga tidak terganggu oleh kucuran keringat yang berlebihan.

Terkait olahraga lari yang kian diminati masyarakat perkotaan, Jones Prabowo, Direktur PT. Astro International mengatakan, gaya hidup sehat kini sudah menjadi suatu kebutuhan.

"Jadi untuk olahraga, sambil mendengarkan musik dengan kualitas (suara) bagus, itu bisa memotivasi," kata Jones.

View this post on Instagram

#GCM2019 📸 : @cieko

A post shared by R i e t a 🐰 (@rietasantoso) on

Tips lari asyik dari Rieta Santoso

Rieta mengaku sudah bertahun-tahun rutin melakukan olahraga lari. Bahkan, dirinya rajin mengikuti acara lari marathon hingga ke luar negeri seperti marathon di Hong Kong, Tokyo, hingga Gold Coast Marathon di Australia.

Menurutnya, untuk rutin melakukan olahraga lari dengan asyik salah satunya adalah dengan mendengarkan musik.

Tips lainnya adalah memiliki tidur yang cukup dan mengonsumsi makanan yang cukup pula.

"Cukup tidur dan makan harus cukup. Itu sangat membantu. Kalau tidur dan makan tidak cukup, akan mengganggu aktivitas lari kita walaupun sambil mendengarkan musik," kata Rieta.

Lalu di mana spot favorit Rieta untuk lari di Jakarta?

"Di Car Free Day, itu menyenangkan sekali. Lihat semua orang pagi-pagi bangun untuk olahraga. Kalau latihan untuk tempo run atau interval saya biasanya ke GOR Soemantri," pungkas Rieta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini