nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Life Begin at 40, Wajarkah kalau Gonta-Ganti Pekerjaan?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 11:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 19 612 2106702 live-begin-at-40-wajarkah-kalau-gonta-ganti-pekerjaan-lkHJpIkwZl.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DALAM dunia karier, mereka yang berusia di atas 30 tahun selalu diidentikkan dengan pekerjaan mapan dengan level jabatan sudah cukup tinggi. Makanya, saat usia masih muda banyak orang berlomba meniti karier.

Tapi, apa jadinya kalau di usia 40 tahun pekerjaan yang Anda lakukan sekarang masih 'gitu-gitu saja' bahkan mandek? Pilihan mana yang bakal Anda pilih, ganti pekerjaan atau introspeksi diri?

Menjawab kondisi ini, Psikolog Rosdiana Setyaningrum menjelaskan, memang harus ditelaah kenapa karier bisa mandek. Jika mandek karena diri Anda sendiri, maka yang harus dilakukan adalah introspeksi diri.

pakah skill aku masih mumpuni? Atau mungkin keahlian yang sudah tidak dibutuhkan.

Dimulai dengan bertanya pada diri sendiri, apakah skill aku masih mumpuni? Atau mungkin keahlian yang sudah tidak dibutuhkan.

"Jangan salahkan lingkungan pekerjaan, jika memang masalah ada di diri Anda sendiri. Berlaku jujur itu penting agar tidak ada penyesalan di kemudian hari," kata Diana di kawasan Jakarta Selatan.

Jika Anda merasa mandek dan ingin pindah tempat kerja, Diana pun menyebut adalah hal yang wajar. Kebanyakan, mereka yang sudah berusia 40 tahun lebih bermain di 'independent carrier, dengan menjadi trainer atau konsultan.

Bukan tanpa alasan, pilihan ini diambil karena alasan waktu yang lebih fleksibel. Tidak bisa dipungkiri, ketika usia Anda sudah 40 dan ada di level pekerjaan yang tinggi, maka waktu Anda akan semakin banyak buat pekerjaan.

Kondisi tersebut yang tidak diinginkan mereka yang akhirnya memilik bersolo karier di usia 40 tahunan. Diana menambahkan, hal penting sekarang ialah menentukan pilihan.

Jadi, sebisa mungkin lakukan hal yang membuat Anda bangga dengan diri sendiri dan bermakna untuk banyak orang.

Jadi, sebisa mungkin lakukan hal yang membuat Anda bangga dengan diri sendiri dan bermakna untuk banyak orang. "Mereka yang berusia 40 tahun ke atas biasanya akan memikirkan hal ini supaya hidupnya merasa lebih bermakna," tambahnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini