nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sea World Ancol Budidayakan Ratusan Ubur-Ubur, untuk Apa?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 11:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 19 612 2106709 sea-world-ancol-budidayakan-ratusan-ubur-ubur-untuk-apa-bGR4GRY3Lo.jpg Ubur-ubur dikembangbiakan di Sea World Ancol (Foto: Quanta Magz)

UBUR-ubur atau biasa disebut dengan jellyfish memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bentuknya yang unik dan lucu membuat tampak sangat menarik untuk di foto.

Seperti diketahui, terdapat lebih dari 200 spesies ubur-ubur yang hidup di dunia. Beberapa tersebar di berbagai perairan Indonesia. Sayang umur mereka yang singkat dan ancaman dari para predator membuat populasi hewan yang satu ini kian menyusut.

Namun teknologi di bidang perikanan dan kelautan yang terus berkembang membuat para ahli berhasil mengembangbiakan beberapa spesies ubur-ubur yang ada di Indonesia. Dua dari empat spesies ubur-ubur berhasil dikembangbiakkan dengan akuarium khusus.

 2 Jenis ubur-ubur

Dua ubur-ubur tersebut adalah Moon Jellyfish yang bernama latin Aurelia Aurita dan Upside Down Jellyfish. Hal ini pun dibenarkan oleh Vice President Seaworld and Ocean Dream Samudra, Rika Sudranto.

“Upaya budidaya ubur-ubur ini telah dilakukan tahun lalu. Dan Seaworld menjadi tempat budidaya ubur-ubur pertama di Indonesia. Saat ini sudah ada 320 ekor ubur-ubur yang berhasil diternakkan di tempat ini,” terang Rika dalam acara Jellyfish Culture, Rabu (18/9/2019).

2 Jenis ubur-ubur

Lebih lanjut Rika mengatakan bahwa usia ubur-ubur relatif sangat singkat yakni sekira satu bulan. Hal itulah yang membuat dirinya berniat untuk membudidayakan ubur-ubur agar masyarakat bisa melihat hewan yang masuk dalam kategori cnidaria tersebut.

“Usia mereka relatif singkat, daripada kami harus mengambil mereka dari alam sebagai ilmu pengetahuan masyarakat, lebih baik dibudidayakan. Selain tidak mengganggu populasi, jumlah mereka pun bisa semakin banyak,” lanjutnya.

Seperti diketahui ubur-ubur memiliki tubuh berwarna putih transparan serta tidak dilengkapi dengan tulang dan otak. Tubuhnya 90 persen terdiri dari air, maka tak heran jika penampilannya seolah menyatu dengan air laut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini