nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati Jika Ular Masuk Rumah, Bisa Jadi Itu Jin

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 21:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 19 612 2107002 hati-hati-jika-ular-masuk-rumah-bisa-jadi-itu-jin-k1vaV0H4Hy.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEBAKARAN hutan di Kalimantan memang menyisakan banyak kesedihan. Tak hanya bagi manusia, melainkan sejumlah satwa yang ada di dalamnya. Belum lama ini netizen dihebohkan dengan ular yang diduga berjenis Tangkalaluk, mati mengenaskan di hutan Kalimantan.

Tangkalaluk adalah jenis ular langka yang melegenda bagi masyarakat Dayak. Ular ini dinilai memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dan memiliki bentuk tubuh menyerupai anaconda di Brasil. Terlebih, Tangkalaluk dinilai sebagai hewan yang memikiki kekuatan mistis.

Beberapa masyarakat kerap mengaitkan ular dengan berbagai hal negatif dalam kehidupan manusia. Tapi, apakah mitos ular masuk ke dalam tempat tinggal memiliki pertanda ada sesuatu yang berbahaya bagi sang pemilik rumah?

Menurut Ahli Spiritual, Mbah Mijan, masuknya ular ke dalam rumah seseorang bisa menjadi sebuah pertanda yang tidak baik. Pasalnya, jin dan iblis bisa menjelma menjadi berbagai bentuk dan salah satunya berwujud seekor ular.

Pasalnya, jin dan iblis bisa menjelma menjadi berbagai bentuk dan salah satunya berwujud seekor ular.

“Ketika ularnya masuk (ke rumah) ularnya di tangkap atau menghilang? Itu dulu yang harus dijawab,” terang Mbah Mijan saat melakukan Live Streaming di channel Youtubenya.

Apalagi, lanjut Mbah Mijan, apabila hewan tersebut masuk ke dalam rumah, dan ketika di cari justru menghilang. Maka, sudah dapat dipastikan hewan tersebut adalah jelmaan jin atau iblis.

“Kalau ada ular, kelabang, kalajengking, masuk ke rumah terus dicari dan menghilang sendiri, itu sama dengan jelmaan makhluk ghaib. Jadi jin itu bisa mengubah wujudnya menjadi apa saja. Bisa binatang, sosok atau menyerupai Anda,” lanjutnya.

Mbah Mijan pun menjelaskan tips untuk menghadapi gangguan ghaib yang berbentuk menyerupai ular. Salah satunya adalah dengan menebar garam sambil berzikir. “Anda harus mengambil garam kemudian disiramkan ke lokasi itu. Pyurr. Sambil baca Bismillah, Al-Ikhlas, Al-Falah, atau ayat kursi terus di sebar gitu,” tuntasnya.

Memang, sejak beberapa hari terakhir, video kepulan asap yang menyelimuti sebagian daerah di Kalimantan memang menghiasi lini masa di berbagai media sosial. Mirisnya, sebagian besar titik api diketahui berasal dari wilayah Kalimantan Timur yang digadang-gadang akan menjadi rumah bagi ibu kota baru Indonesia.

Dari sekian banyak video dan foto yang hilir mudik, ada serangkaian foto yang sukses membuat jagat maya heboh. Bagaimana tidak, akun Twitter @PakatDayak tiba-tiba mengunggah foto seekor ular langka yang menjadi korban kebakaran hutan di Kalimantan.

Dalam keterangannya, ular tersebut diketahui merupakan predator jenis ular raksasa yang dikenal dengan nama Tangkalaluk atau Phyton Raja Ular Rimba Belantara Dayak Kalimantan. Populasinya kini diklaim sudah sangat sedikit dan disinyalir nyaris punah.

Sang empunya akun bercerita bahwa pada masa lalu Tangkalaluk selalu mencari mangsanya di pedalaman hutan. Makanan favoritnya adalah babi hutan, harimau dahan, dan hewan besar lainnya.

Selain memiliki ukuran yang nyaris seperti Anaconda di hutan Amazon, Brasil, legenda ular jenis phyton ini digadang-gadang memiliki kemampuan meniru suara rusa, orang utan, atau suara burung dalam menarik perhatian mangsanya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini