nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sindir Pemerintah, Ini 5 Meme Karhutla Keren Hasil Kreasi Netizen

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 04:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 19 612 2107021 sindir-pemerintah-ini-5-meme-karhutla-keren-hasil-kreasi-netizen-btXYjSM78d.jpeg Meme karhutla (Foto: Ist.)

Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan dan Sumatera semakin memprihatinkan. Kabut asap masih menyelimuti pemukiman warga, bahkan imbasnya turut dirasakan oleh negara tetangga. Untuk mengkritisi kinerja pemerintah, para netizen berbondong-bondong membuat meme kocak bernuansa sindiran.

Tak sedikit pula yang mengunggah foto dan video yang menggambarkan kondisi terkini kedua daerah tersebut akibat karhutla. Semuanya mereka lakukan secara sukarela demi menarik perhatian pemerintah dan pihak-pihak terkait. Bahkan, tagar #SaveKalimantam sudah berulang kali menjadi trending topic di Twitter.

Lantas, seperti apa saja meme-meme hasil kreasi netizen dalam memperjuangkan hak-hak warga Sumatera dan Kalimantan? Berikut Okezone rangkumkan beberapa di antaranya, seperti dikutip dari berbagai sumber, Jumat (20/9/2019).

 

1. Bertindaklah sebelum kami mati

 Meme

Mantra ini seringkali digunakan netizen untuk memviralkan konten-konten berbau sosial. Mulai dari menggalan donasi, mencari orang hilang, hingga menyuarakan bantuan untuk warga yang terdampak kebakaran hutan. Contohnya seperti sebuah foto yang diunggah oleh akun twitter @dav8prad. Foto tersebut menampilkan gambar seorang wanita bermasker dengan latar belakang kabut asap.

Pada bagian atasnya tertulis sebuah kalimat menohok yang berbunyi, "Bertindaklah Sebelum Kami Mati,". Foto itu juga dihiasi beberapa dua buah tagar bertuliskan #SaveKalimantan dan #KalimantanDaruratAsap.

2. Silent Hill

 Meme

Pencinta video games tentu sudah tidak asing lagi dengan game bergenre horror, Silent Hill. Saking kreatifnya, seorang netizen menyindir pemerintah dengan sebuah GIF dari salah satu adegan game tersebut. Kondisi langit pada gif itu terlihat dipenuhi kabut putih seperti kondisi Kalimantan dan Sumatera saat ini.

3. Ikan belida

 Meme

Palembang yang menjadi salah satu daerah terdampak pun tidak luput dari meme para netizen. Seorang netizen mengunggah foto before after dari ikon kota Palembang yakni, ikan Belida. Sebelum kabut asap menyerang, ikan Belida digambarkan dalam kondisi segar dan sempurna. Sebaliknya, ketika kota tersebut dilanda kabut asap, ikan belida itu tiba-tiba berubah menjadi ikan asap. Ada-ada saja ya, Okezoners!

 

4. Asap yang tak dirindukan

 Meme

Masih dari Palembang, kali ini ide meme yang digunakan netizen tersinpirasi dari film 'Surga yang Tak Dirindukan' karya sutradara Hanung Bramantyo. Ia mengedit poster film tersebut dengan menambahkan masker pada wajah para pemerannya, dan mengubah judul film menjadi 'Asap yang Tak Dirindukan'.

5. Monas di ujung asap

 Meme

Foto terakhir datang dari akun Twitter @ferizandra. Ia mengunggah sebuah foto unik yang menyiratkan makna terselubung. Di foto itu tampak tugu monas berdiri gagah di tengah hutan yang telah dipenuhi kabut asap. Banyak netizen berasumsi bahwa pemandangan inilah yang akan terlihat saat ibu kota Indonesia sudah resmi pindah ke Kalimantan Timur. Bikin merinding ya!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini