nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Pasutri Gagal Membina Rumah Tangga karena Nikah Muda, Berujung Trauma

Della Astrini, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 11:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 20 196 2107311 kisah-pasutri-gagal-membina-rumah-tangga-karena-nikah-muda-berujung-trauma-SQNiW6LOON.jpg Ilustrasi nikah muda (Foto: Readers Digest)

PERNIKAHAN merupakan hal yang sakral dan merupakan ibadah dalam agama Islam. Tidak sedikit dari banyaknya pria dan wanita untuk memilih nikah muda.

Beragam alasan mereka melakukan nikah muda karena ingin menjauhi zina, taat kepada aturan agama, agar jarak umur terhadap anak tidak jauh, dan bisa mengoreksi diri & pasangan menjadi pribadi yang lebih baik. Namun menikah di usia muda juga seringkali dianggap belum siap secara mental maupun psikologis?

Banyak hal yang ditakutkan jika menikah muda yaitu belum mantap secara finansial hingga mental. Dalam pernikahan memang dianjurkan untuk mempersipkan segalanya secara matang agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya dalam membina rumah tangga.

 Nikah

Namun tidak sedikit dari anak muda berhasil dalam membina rumah tangga sampai akhirnya mempunyai anak dan hidup bahagia serta dapat memenuhi kebutuhan finansial maupun lainnya untuk menghidupkan keluarga mereka. Namun ada juga yang gagal membina rumah tangga karena nikah muda.

Berbeda dengan Ariadna (nama samaran), wanita ini menikah muda pada saat usia 19 tahun karena saat itu, ia merasa sudah sangat yakin untuk menikah.

"Aku dulu yakin banget. Aku lihat dia baik sama keluarga aku ya, perhatian sama adek-adek aku, terus juga kerja nya terbilang lumayan lah ya." ujarnya.

Cincin kawin

Tetapi usia pernikahan Ariadna bertahan hanya tiga tahun karena adanya masalah yang tidak bisa diselesaikan dan akhirnya mereka memilih untuk pisah rumah kemudian cerai

"Dari kita udah bisa paham satu sama lain lagi ya, dari satu sisi aku juga ngerasa kaya dibohongin dan yang paling utama si masalah menafkahi," Ungkap Ariadna kepada okezone.

Dibalik kejadian itu, ternyata orangtua Ariadna baru mengungkap bahwa salah satu orangtuanya tidak merestui pernikahannya pada saat itu, karena masih terlalu muda untuk membangun rumah tangga di usianya yang masih 19 tahun.

Sekarang pun ia merasa trauma untuk menikah lagi sebab tidak mau kejadian dengan mantan suaminya akan terjadi lagi dengan jodohnya kelak.

"Akupun sekarang ngerasa trauma karena aku udah punya anak dua, dan takutnya nanti dapet orang yang kayak gitu lagi terus dia gak bisa memperlakukan anak aku dengan baik. hanya itu sih yang dikhawatirkan"

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini