nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lezatnya Sup Kaledo, Cocok Buat Makan Siang

Jum'at 20 September 2019 15:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 20 298 2107289 lezatnya-sup-kaledo-cocok-buat-makan-siang-RYHumYLIwc.jpg Sup kaledo (Foto: miladaud/Instagram)

Indonesia memiliki beragam kuliner yang tersebar di berbagai wilayah. Jika Makassar punya coto Makassar, Palu punya sup kaledo yang khas.

Dilansir dari Mister Aladin, Jumat (20/9/2019), sup kaledo mirip dengan sup buntut. Bedanya, tulang sup kaledo berasal dari kaki lembu atau iga sapi khas Donggala.

Penyajiannya pun dilengkapi dengan bongkahan tulang sapi yang di dalamnya ada sumsum tulang yang melimpah. Rasanya dijamin bakal memanjakan lidah Anda.

Β 

Kaledo merupakan singkatan dari Kaki Lembu Donggala. Donggala sendiri adalah nama dari sebuah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Palu.

Namun dalam bahasa Kaili, kaledo memiliki arti sendiri. Ka artinya "keras", dan Ledo artinya "tidak". Jadi bisa diartikan sebagai "tidak keras".

Untuk membuat sup kaledo, daging direbus dalam durasi yang cukup lama, sehingga tekstur dagingnya lebih empuk. Sementara untuk kuahnya, dibuat dari kaldu sup biasa tanpa santan.

Dilansir dari Mister Aladin, bahan-bahan untuk bumbu kuahnya juga tidak ribet. Hanya memerlukan garam, jeruk nipis, cabai segar, dan campuran bawang goreng.

Β 

Dalam penyajiannya, sup kaledo tidak disantap dengan nasi. Biasanya, Anda akan disajikan sup kaledo dengan singkong atau ubi rebus.

Singkong direbus terlebih dahulu agar teksturnya lebih empuk dan disajikan tanpa tambahan bumbu. Agar lebih nikmat, bisa ditambah dengan irisan jeruk nipis dan taburan bawang goreng.

Sup kaledo sudah menjadi makanan khas Palu sejak dulu. Menurut masyarakat sekitar, zaman dulu sup kaledo disajikan sebagai makanan kehormatan untuk kalangan bangsawan Palu.

Dalam jamuannya, para tamu dibagi ke dalam tiga kelompok berdasarkan status sosial. Tapi seiring berkembangnya zaman, kuliner satu ini bisa dinikmati oleh berbagai kalangan dan mudah ditemui di warung-warung yang ada di Donggala dan sekitarnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini