nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Chef Juna Jadi Juru Kupas sampai Dihukum sang Master saat Belajar Masak

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 01:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 20 298 2107477 kisah-chef-juna-jadi-juru-kupas-sampai-dihukum-sang-master-saat-belajar-masak-OzBhuzLTtj.jpg Chef Juna (Foto: junarorimpandeyofficial/Instagram)

Karier Chef Juna di dunia masak memang tidak diragukan lagi. Ia pun punya banyak kenangan sewaktu pertama kali menggeluti profesi chef 22 tahun lalu.

Sejak menjadi juri di ajang MasterChef Indonesia, Chef Juna mulai dikenal publik. Terlebih sikapnya yang selalu tegas dengan para kontestan, karena komentar-komentar pedas andalannya.

Belum lagi, Chef Juna dikenal ganteng maksimal, yang bikin banyak orang kelepek-kelepek. Dari gadis sampai emak-emak, pasti kepincut kalau melihat Chef Juna masak di dapur.

Sayangnya, tak semua orang dapat mencicipi hasil masakan Chef Juna yang sangat teknikal. Karena selama ini, chef berdarah Manado ini memasak di restoran fine dining atau high class, yang tentu harganya mahal. Alhasil, kalau melihat masakannya, pasti bikin Anda cuma menelan ludah saja kan?

 Pria berdiri

Bukannya langsung jago masak seperti sekarang, Chef Juna pasti punya pengalaman mengesankan saat baru belajar masak. Seperti apa sih kisahnya?

Chef Juna mengatakan, sebelum terjun masak-memasak, dia lebih dulu bekerja di restoran. Tahu enggak, profesinya dulu cuma jadi juru kupas dan potong-potong bahan makanan lho!

"Saya mulai masak itu terlambat, umur 22 tahun. Kecebur ceritanya, dimulai dari kerja di restoran, jadi tukang potong-potong, kupas-kupas," ujarnya saat ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat, 20 September 2019.

Ketika itu, chef dengan nama asli Junior Rorimpandey ini benar-benar merasakan bekerja dari nol. Karena tekadnya yang besar ingin menggeluti dunia chef, jadilah Chef Juna terus mengasah bakatnya.

Dari juru kupas dan potong bahan makanan, Chef Juna naik pangkat. Dari situlah, chef 44 tahun ini berhasil menjadi chef profesional hingga sekarang.

 Koki pria

"Karena di restoran itu dimulai dari bawah, ibaratnya naik pangkat. Kalau sudah fasih, nanti dikasih tugas lebih banyak, dengan waktu lebih sedikit. Makin mahir naik level, jadi tidak langsung memasak. Pertama bersih-bersih dulu, potong-potong, kupas-kupas. Lalu bikin bahan dasar saus, sampai masuk ke tahap masak," bebernya.

Chef Juna ingat betul masakan pertamanya ketika itu. Karena awal terjun sebagai Japanese chef, jadilah dia membuat sushi dan sashimi.

Jangan salah, ketika pertama memasak, Chef Juna juga pernah diberikan komentar pedas, bahkan dihukum oleh sang master lho. Jadi jangan kira Chef Juna tidak pernah mengalami itu kemudian seenaknya memberikan komentar pedas di ajang MasterChef Indonesia.

"Tidak cuma dikomentari pedas. Saya dulu sering dihukum, dalam memasak saya dididiknya keras. Kalau kerja, tiga kali bikin kesalahan, tidak dikasih hari libur. Gini dalam seminggu kan kerja 6 hari, nah hari libur sehari itu tidak boleh diambil, jadi seharinya tetap kerja," pungkas Chef Juna. (tam)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini