nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudah Menular, Pengidap ISPA Wajib Segera Dibawa ke Dokter

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 11:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 20 481 2107171 mudah-menular-pengidap-ispa-wajib-segera-dibawa-ke-dokter-orlIM6XhFS.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

INFEKSI Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan salah satu gangguan kesehatan yang tengah menghantui warga Sumatera dan Kalimantan yang menjadi korban Kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla). Sejak beberapa bulan terakhir, kabut asal memang menyelimuti kedua daerah tersebut.

Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K) yang merupakan Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia- RSUP Persahabatan, mengatakan bila seseorang sudah mengalami gejala ISPA, satu-satunya pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah membawanya ke rumah sakit terdekat.

"Pertolongan pertama itu ya harus langsung di bawa ke dokter. Apalagi kalau dipicu asap tebal. Hanya dokter yang bisa mengetahui apakah ada infeksi pada saluran pernapasannya," ujarnya saat dihubungi Okezone.

Agus mengatakan, gejala ISPA sendiri bisa dilihat dari beberapa indikasi seperti batuk berdahak, pilek, sesak napas, hingga demam tinggi. Bila sudah demikian, sebaiknya segera deteksi dini.

ISPA ternyata sangat mudah menular. Penyebarannya bisa melalui kontak dengan percikan air liur orang yang terinfeksi.

"Bila gejala tersebut terlalu lama dibiarkan, dan ternyata sang pasien benar-benar mengidap ISPA, risiko terbesarnya bisa memicu kematian," tegas Dokter Agus.

Tidak hanya itu, ISPA ternyata sangat mudah menular. Penyebarannya bisa melalui kontak dengan percikan air liur orang yang terinfeksi. Virus atau bakteri dalam percikan liur akan menyebar melalui udara, masuk ke hidung atau mulut orang lain.

ISPA juga bisa menular melalui sentuhan dengan benda yang terkontaminasi atau berjabat tangan langsung dengan penderita. Perlu diketahui, ada beberapa individu yang sangat rentan tertular ISPA seperti dilansir dari berbagai sumber.

Anak-anak dan lasia

Sistem kekebalan tubuh anak-anak dan lansia terbilang rendah, alhasil mereka lebih rentan terserang infeksi. Penyebaran virus ISPA pada anak-anak juga relatif lebih cepat, mengingat mereka sangat aktif dan sering melakukan kontak dengan orang lain.

Penderita gangguan jantung dan paru-paru

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung dan gangguan pada paru-paru, berhati-hatilah karena Anda sangat rentan terkontaminasi virus ISPA.

Perokok aktif

Para perokok aktif juga diklaim rentan tertular ISPA karena risiko mereka terkena gangguan fungsi paru dan saluran pernapasan sangat tinggi. Bahkan, para perokok aktif cenderung lebih sulit untuk pulih dari penyakit tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini