nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zebra Langka Ditemukan di Afrika, Coraknya Bintik-Bintik seperti Hyena

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 14:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 20 612 2107244 zebra-langka-ditemukan-di-afrika-coraknya-bintik-bintik-seperti-hyena-rQ04SJBqq7.jpg Zebra langka (Foto: Mara Conservancies/Facebook)

Zebra memang terkenal karena corak garis hitam dan putihnya yang khas. Tetapi corak zebra tidak melulu bergaris hitam putih. Sebuah rekaman telah muncul yang memperlihatkan sosok zebra langka yang bercorak bintik-bintik.

Bayi zebra tersebut memiliki corak bintik-bintik yang khas seperti hyena. Ia tertangkap kamera tengah menyusui di samping ibunya di Maasai Mara, Kenya pada 15 September 2019. Rekaman luar biasa ini diambil oleh seorang pemandu wisata bernama Bernard Tompoi.

 Hewan langka

Tompoi mengatakan ketika pertama kali melihat zebra, ia berpikir awalnya corak tersebut ditandai dengan sengaja oleh manusia untuk melacak migrasi. Namun corak unik tersebut memang merupakan warna bawaan dari kulit zebra itu.

Setelah berita tentang anak kuda yang unik ini mulai menyebar, para wisatawan berbondong-bondong pergi ke daerah itu dengan harapan bisa melihat langsung binatang tersebut.

Bintik-bintik yang terlihat seperti corak hyena diyakini sebagai hasil dari kondisi genetik.

Sebagaimana dilansir VT, Jumat (20/9/2019) kondisi genetik ini menyebabkan kebalikan dari albinisme dan melanisme. Seorang spesialis satwa liar dari Matira Bush Camp, Parmale Lemein, mengatakan bahwa ini adalah zebra pertama dengan coral bintik-bintik yang ditemukan di Mara Reserve.

Namun Parmale menyatakan keprihatinannya terhadap kesejahteraan hewan tersebut. Ia mengungkapkan bahwa anak zebra lainnya dengan kondisi yang sama tidak akan bertahan selama lebih dari enam bulan di alam Afrika.

Foto-foto zebra ini juga dibagikan di media sosial oleh blogger populer, Mutuma Untamed. Ia mengklaim bahwa anak zebra itu diberi nama sesuai dengan nama fotografer yang menemukannya.

"Tahukah Anda, minggu lalu seorang pemandu Maasai menemukan sejenis bayi zebra hibrida di Maasai Mara. Nama itu diambil dari nama belakangnya yakni Tira. Beberapa tahun yang lalu ada kasus serupa, bahwa zebra masih mempertahankan garis-garis dan ekor seperti sikat. Tapi Tira memiliki pola yang muncul sebagai bintik-bintik,” tulis Mutuma.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini