nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Risiko Nikah Muda, Sudah Yakin?

Nikmatul Nurul Aeni, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 10:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 21 196 2107574 4-risiko-nikah-muda-sudah-yakin-bZcgShKXLm.jpg Risiko bahaya nikah muda (Foto: Shutterstock)

PADA era modern saat ini, masih banyak orang yang ingin nikah muda. Namun, terdapat banyak faktor yang membuat seseorang memutuskan untuk menikah muda.

Bahkan terdapat beberapa kasus pelajar SMP yang telah memutuskan untuk menikah. Tahukah Anda, nikah muda sangatlah rentan dengan berbagai risiko.

Menikah merupakan hal yang paling diinginkan bagi setiap orang. Terlebih, dengan orang yang paling dicintai. Namun, menikah tidak hanya sekedar menjalani kehidupan bersama. Menikah sangat dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk satu sama lain.

Ilustrasi nikah muda

BKKBN (Badan keluarga berencana nasional) telah menganjurkan agar menghindari pernikahan pada usia dini. Menikah dini tidak danjurkan karena organ reproduksi belum matang secara medis maupun psikologis.

Sebagaimana dilansir dari Akun Youtube Curhat Bidan Tv, Sabtu (21/9/19) inilah beberapa dampak akibat menikah muda :

1. Meningkatkan risiko kanker serviks

Risiko ini sangat rentan untuk wanita yang melakukan pernikahan di usia dini. Akan meningkatkan risiko kanker serviks sebanyak 2 kali lipat. Terlebih, kanker serviks merupakan momok yang sangat ditakutkan bagi para wanita.

Meningkatnya risiko kanker serviks karena reproduksi wanita belum berkembang dan belum matang sehingga sel-sel rahim dalam keadaan aktif. Dalam kondisi rahim yang aktif, diusahakan jangan sampai ada benda asing yang masuk termasuk penetrasi Mr P. Jika, terjadi penetrasi, maka dengan mudah bakteri dan virus akan masuk ke dalam Miss V.  Klik halaman selanjutnya untuk risiko nikah muda yang lebih lengkap.

2. Berpeluang terjadinya kehamilan terlalu muda

Saat kehamilan terlalu muda memiliki risiko yang sangat tinggi. Salah satunya akan mengalami, pendarahan, keguguran, malnutrisi, tekanan darah tinggi, kejang, dan bahkan akan menyebabkan kematian pada sang ibu. Tentu saja, hal ini sangat membahayakan kondisi bayi dan sang ibu.

 Ilustrasi ibu hamil

3. Risiko Persalinan

Tahukah Anda, bahwa menikah muda juga memiliki risiko terjadinya persalinan macet. Hal itu terjadi, karena rongga panggul yang belum cukup besar. Panggul merupakan jalur keluarnya janin dari rahim, hal ini yang menyebabkan ukuran panggul dapat memengaruhi. Namun, hal ini juga mengerikan karena dapat berpotensi pecah ketuban sebelum waktu persalinan.

4. Rentan terjadinya KDRT (Kekerasan dalam rumah tangga)

 Nikah muda

Bagi wanita yang menikah dibawah usia 18 tahun sangat rentan untuk terkena kasus KDRT karena mental yang belum stabil. Seperti yang Anda ketahui, bahwa masa remaja belum memiliki mental yang cukup untuk menjalani kehidupan rumah tangga. Bahkan, remaja bisa dibilang masih memiliki sifat labil atau tidak konsisten. Terkadang menikah di usia dewasa masih terjadi tindakan KDRT.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini