nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suplemen dari Kotoran Sapi Buatan India, Bisa Bikin Anak Jadi Pintar?

Brilyana Dwi Indriani, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 15:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 21 481 2107634 suplemen-dari-kotoran-sapi-buatan-india-bisa-bikin-anak-jadi-pintar-FJrDzvcjS0.jpg Suplemen dari kotoran spai (Foto: Spunik)

VITAMIN atau suplemen untuk anak dan ibu hamil biasanya terbuat dari bahan alami dari unsur nabati bahkan hewani. Namun di India, ada suplemen aneh yang mengandung urin dan kotoran sapi dan diyakini bisa bikin anak makin pintar, benarkah?

Dilansir dari Sputniknews, Sabtu (21/9/2019) di India terdapat suplemen yang mengandung kotoran sapi. Suplemen ini dirancang untuk ibu hamil dan anak-anak. Namun anehnya suplemen tersebut diyakini bisa membuat anak menjadi pintar.

"Jika wanita hamil mengkonsumsi suplemen tersebut secara teratur, mereka dapat melahirkan anak-anak yang cerdas, sangat intelektual dan sehat," kata Rashtriya Kamdhenu Aayog (RKA) dibentuk oleh pemerintah federal India untuk konservasi dan pengembangan sapi dan keturunannya.

suplemen

Mantan anggota parlemen dari Partai Bharatiya Janata (BJP) di India, Kathiria mengatakan, ia telah dijamin keamanan untuk suplemen yang diberi nama "Panchgavya" ini. Suplemen tersebut dibuat dari 5 unsur yang berhubungan dengan sapi.

Komisi ini bekerja sama dengan Kementerian AYUSH, Animal Husbandry and Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) atau jika disebut di Indonesia sebagai UMKM yang berurusan dengan pengobatan alternatif. Mampu menghasilkan obat yang terbuat dari urin sapi, kotoran, susu, mentega dan dadih.

 sapi

Diklarifikasi, The Print, sebuah platform berita digital. Vallabhbhai Kathiria, Dia mengatakan komisi telah mendekati Kementerian AYUSH untuk memproduksi dan memasarkan obat dalam skala besar di seluruh India.

Kathiria mengatakan ada rencana untuk menunjuk praktisi pengobatan Ayurvedic di desa sehingga mereka meresepkan suplemen ini untuk wanita hamil. Menurut Kathiria, komisi tersebut telah memilih 44 bibit unggul sapi untuk pengembangan dan konservasi. Dia mengatakan pemerintah saat ini mengimpor sapi jantan dari negara lain untuk mengatasi kekurangan sapi.

 bibit sapi ungul

Dia mengatakan pusat produksi bibit unggul sapi sudah beroperasi di Bhopal dan Visakhapatnam, di mana sperma sapi ternak ini sengaja diperbaiki kualitasnya secara genetik. Seorang menteri junior peternakan di pemerintah federal, Pratap Chandra Sarangi, mengatakan kepada The Print, bahwa nilai suplemen yang tinggi dari susu sapi asli telah meyakinkan pemerintah untuk menjadikan produksinya salah satu prioritas utama. Rashtriya Kamdhenu Aayog (RKA) didirikan oleh pemerintah untuk tujuan konservasi dan perlindungan populasi ternak, dan meningkatkan populasi ternak di negara tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini