nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Mengolah MPASI agar Nutrisinya Tidak Berubah

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 22:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 21 481 2107736 tips-mengolah-mpasi-agar-nutrisinya-tidak-berubah-xljGooEsRs.jpg Tips membuat makanan bayi (Foto: Parents)

TAK sedikit para ibu menggunakan air mineral dalam membuat makanan pendamping ASI (MPASI). Padahal, berdasarkan studi, air mineral diklaim dapat mengubah nutrisi pada makanan lho Moms!

Merujuk pada data dari WHO tahun 2003, air minum dapat saja terkontaminasi agen mikroba. Ini menjadi salah satu penyebab utama diare pada bayi dan anak kecil. Kemudian, panduan WHO tahun 2005 menyatakan, kandungan mineral dari air mineral yang digunakan untuk MPASI, secara signifikan dapat mengubah nutrisinya.

 MPASI

Wakil Sekretaris Jendral PB IDI Dr Fery Rahman, MKM, sangat menyayangkan hal itu. Karena masih banyak para ibu di Indonesia masih mengandalkan air mineral dalam mengolah makanan anak.

"Menggunakan air minum dalam kemasan kemudian dipanaskan, asumsinya mampu membunuh kuman, virus dan bakteri. Padahal, air panas mendidih yang dipanaskan terlalu lama, juga bisa meningkatkan kandungan mineral dalam air dan merusak kandungan nutrisi lainnya," ujar Fery kepada Okezone, baru-baru ini.

Klik ke halaman berikutnya untuk info lebih lanjut mengenai MPASI.

Head of Medical Kalbe Nutritionals Morinaga Heiko+ Water Dr Muliaman Mansyur menjelaskan, dalam melarutkan MPASI, air bebas mineral lebih ideal digunakan sebagai pelarut susu atau MPASI. Sebabnya, tidak akan mengubah kemurnian nutrisi yang terkandung dalam komposisinya.

 Ilustrasi MPASI

"Sedangkan melarutkan susu atau makanan pendamping ASI dengan air mineral, berpotensi meningkatkan kandungan mineralnya, sehingga komposisi nutrisinya menjadi tidak sama lagi atau berubah," tuturnya.

Muliaman menambahkan, dalam konteks air minum sehari-hari, air demineral atau bebas mineral sangat aman. Karena terdapat berbagai kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh, juga dapat kita peroleh dari makanan yang kita konsumsi.

Karenanya, para Moms harus memilih jenis air bebas mineral dan bakteri. Diharapkan mampu melindungi nutrisi makanan anak dan berkualitas baik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini