nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melihat Keindahan Patung Dewi Sri yang Bersinar di Festival Jatiluwih 2019

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 22 September 2019 12:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 22 406 2107828 melihat-keindahan-patung-dewi-sri-yang-bersinar-di-festival-jatiluwih-2019-t7ltGAyquI.jpg Patung Dewi Sri di Festival Jatiluwih 2019 (Foto: Feri Usmanan/Okezone)

TABANAN - Kehadiran Patung Dewi Sri menjadi daya tarik tersendiri dalam gelaran Festival Jatiluwih 2019. Patung tersebut terletak di tengah objek wisata atau center point Daerah Tujuan Wisata (DTW) Jatiluwih. Latar belakang terasering sawah yang eksotis membuat patung semakin indah dipandang.

Banyak pengunjung Festival Jatiluwih 2019 yang menyempatkan waktu untuk berfoto di Patung Dewi Sri sebelum atau sesudah mengunjungi tempat berlangsungnya acara. Patung yang terbuat dari sekira 500 batang bambu itu memang memiliki keunikan tersendiri yang memikat wisatawan. Terlebih patung tersebut sempat viral di media sosial.

Sekadar informasi, Patung Dewi Sri merupakan karya seniman Bali yang terkenal, I Gusti Ngurah Udianata. Patung yang dikerjakan dalam kurun waktu 1,5 bulan itu memang sengaja dibuat dalam rangka Festival Jatiluwih 2019. Patung menjadi bentuk ungkapan rasa syukur dan terima kasih terhadap Dewi Sri yang dipercaya sebagai dewi kemakmuran, dewi kesuburan, dan dewi kesejahteraan.

patung dewi sri 

Pada gelaran Festival Jatiluwih 2019, ada dua macam keindahan Patung Dewi Sri yang dapat dilihat oleh pengunjung. Di siang hari, pengunjung dapat melihat secara jelas kemegahan patung setinggi 5 meter dengan lebar mencapai sekira 6 meter itu. Pengunjung juga bisa melihat anyaman bambu yang terakit sangat indah pada patung.

Keindahan Patung Dewi Sri selanjutnya dapat dilihat di malam hari. Di tengah persawahan yang minim pencahayaan, patung semakin terlihat eksotis karena ada pendar cahaya yang menyinarinya. Cahaya tersebut berasal dari lampu sorot di sekitar patung. Kurang lebih ada memiliki 3 warna lampu yang menyinari patung yaitu merah, hijau, dan biru. Namun cahaya patung di malam hari hanya ada di Festival Jatiluwih 2019.

Sementara itu, menurut Manajer Operasional DTW Jatiluwih yang juga Ketua Umum Festival Jatiluwih 2019, I Nengah Sutirtayasa, kehadiran Patung Dewi Sri meningkatkan kunjungan wisatawan, terutama wisatawan domestik.

"Jumlah kunjungan wisatawan ke Jatiluwih sekira 1.500-1.800 orang setiap harinya dan hampir 90 persen di antaranya adalah wisatawan mancanegara. Dengan adanya Patung Dewi Sri, jumlah kunjungan semakin meningkat dan 60 persen di antaranya adalah wisatawan domestik," ujar Nengah saat ditemui Okezone, Minggu (22/9/2019).

patung dewi sri 

Dirinya menambahkan, kehadiran Patung Dewi Sri akan tetap dipertahankan usai Festival Jatiluwih 2019. Namun memang tidak selamanya patung ada di objek wisata tersebut. Pihak manajemen DTW Jatiluwih menunggu hingga kondisi patung sudah tidak memungkinkan untuk berdiri.

"Patung Dewi Sri kira-kira bisa bertahan sampai 1 tahun. Tapi tentunya kami tidak berhenti di situ saja. Akan ada kreasi lain untuk meningkatkan daya tarik objek wisata Jatiluwih," pungkas Nengah. (cm)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini