Rajin Makan Manggis Bikin Penyakit Mematikan Pergi Jauh-Jauh

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 22 September 2019 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 22 481 2107832 rajin-makan-manggis-bikin-penyakit-mematikan-pergi-jauh-jauh-e3URHKlSgv.jpg Rajin makan buah manggis terhindar dari penyakit mematikan (Foto : Healthline)

Manggis selama ini dikenal memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Tapi, tahukah Anda jika rajin makan manggis juga bisa menjauhkan diri dari banyak penyakit mematikan?

Manggis bisa dibilang termasuk superfood karena kaya akan nutrisi. Satu buah manggis bisa mengandung vitamin C, vitamin B1, B2, dan B3, vitamin A dan nutrisi penting lainnya. Selain itu, manggis juga mengandung antioksidan dan senyawa xanthones yang berperan penting menjauhkan Anda dari sejumlah penyakit mematikan.

Berikut manfaat mengonsumsi manggis yang dikutip dari laman Boldsky, Minggu (22/9/2019) :

Meminimalkan oksidatif

Manggis adalah pembangkit antioksidan karena mengandung nutrisi folat dan vitamin C. Buah ini juga mengandung xanthones, senyawa dengan sifat antioksidan yang membantu meminimalkan oksidasi

buah manggis

Meningkatkan kekebalan

Antioksidan xanthones dan vitamin C dalam manggis membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Xanthones melawan radikal bebas, sementara vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh.

Meningkatkan kesehatan jantung

Manggis kaya akan mineral, seperti tembaga, magnesium, kalium dan mengan yang membantu mengelola tekanan darah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, nutrisi ini juga mencegah timbulnya masalah kardiovaskular lainnya, termasuk serangan jantung.

manggis enak

Mencegah risiko penyakit radang

Xanthones dan kandungan serat tinggi pada manggis mencegah risiko beberapa gangguan yang disebabkan peradangan. Misalnya hepatitis, alergi dan flu.

Mengontrol diabetes

Rajin makan manggis efisien dalam mengurangi resistensi insulin dalam tubuh karena kandungan xanthones. Kandungan serat yang tinggi dalam manggis juga membantu menstabilkan gula darah dan mengontrol diabetes.

buah manggis sehat

Mencegah kanker

Antioksidan dan sifat antiinflamasi manggis membantu melawan sel kanker. Kandungan antioksidan manggis juga mencegah pertumbuhan sel kanker di jaringan perut, payudara dan paru-paru.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini