nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sampai Tertipu, Ini 6 Tips Membeli Action Figure Anti KW

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 22 September 2019 13:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 22 612 2107829 jangan-sampai-tertipu-ini-6-tips-membeli-action-figure-anti-kw-nWAowol4o9.jpg Action figure (Foto: Rare)

Mengoleksi action figure bisa dikatakan sebagai hobi yang mahal. Sebab harga satu buah action figure bisa bernilai jutaan. Bagi mereka yang sudah lama memiliki hobi tersebut, tentu sudah bisa membedakan mana action figure yang asli dan mana yang palsu.

Lain cerita pada mereka yang baru saja memulai hobi action figure. Mereka perlu berhati-hati agar tidak tertipu. Jangan sampai ketika sudah mengeluarkan uang cukup banyak, action figure yang dibeli tidak asli alias barang tiruan atau KW.

Infografis

Ada beberapa tips yang bisa dijadikan panduan agar kolektor pemula tidak tertipu membeli action figure KW. Simak ulasannya berikut ini, Minggu (22/9/2019):

1. Perhatikan tekstur

Ketelitian adalah kunci utama untuk pencegahan membeli action figure KW. Sebelum membeli, teliti dulu teksur action figure. Action figure yang asli teksturnya terbilang keras dan kasar. Sedangkan action figure KW teksturnya lunak sehingga ketika didirikan bisa miring.

2. Timbang berat

Selain memerhatikan tekstur, berat action figure juga bisa menjadi panduan keaslian. Action figure yang asli saat dipegang beratnya pas, tidak berat atau tidak ringan. Sedangkan kalau yang palsu bisa sangat berat atau sangat ringan untuk ukurannya.

3. Lihat warna cat

Pewarnaan action figure ada dua tipe yaitu glossy dan matte. Meski begitu, warna pada action figure asli terlihat sempurna. Selain itu, detail pengecatan sangat rapi. Sedangkan action figure palsu seperti dicat asal. Warnanya terlihat usang dan cat menggumpal serta pewarnaan tidak rapi.

 Mainan

4. Hirup aroma

Action figure yang asli umumnya tidak beraroma, terutama dari cat. Namun action figure yang palsu bisa mengeluarkan aroma sejak dikeluarkan dari kotak. Entah itu aroma cat maupun yang lainnya.

5. Kontrol diri

Sebelum membeli action figure, pastikan bisa mengontrol diri. Jangan hanya karena ditawarkan harga murah langsung ingin segera membeli. Sebaliknya, perhatikan hal-hal yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kalau perlu cari tahu dulu ulasannya di berbagai platform digital.

6. Membeli secara online

Terakhir, belilah action figure di toko atau situs online yang memiliki pilihan dikembalikan. Apabila terbukti action figure KW, maka tinggal ditukar atau uang kembali. Tapi pastikan juga tempat membeli secara online bisa dipercaya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini