nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Rumah Minimalis, Pilih Furnitur Bergaya Indonesia atau Skandinavia?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 23 September 2019 15:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 23 196 2108232 punya-rumah-minimalis-pilih-furnitur-bergaya-indonesia-atau-skandinavia-O4HIlCFUSJ.jpg Ilustrasi (Foto: Arsitag)

Milenial dan keluarga muda sekarang tampaknya lebih menyukai rumah minimalis. Selain karena lebih terasa hangat, tempat tinggal tipe ini dianggap lebih modern dan mudah untuk dikelola.

Nah, menjadi masalah setelahnya ialah memilih perabotan yang akan ditempatkan di dalam rumah minimalis. Beberapa milenial tak bisa dipungkiri masih menyukai taste of Indonesia dalam furniturnya.

Hal ini bisa dilihat dari meja dan kursi yang didominasi kayu. Tapi, apakah furnitur jenis ini cocok untuk rumah minimalis?

 Dekorasi ruangan

Menjawab keresahan tersebut, Chief Community Officer Abbasource Indra Febriansyah menjelaskan, harus dilihat memang seberapa luas bangunan rumahnya. Jika tak begitu besar, maka furnitur bergaya skandinavian dirasa lebih nyaman.

"Ini bukan tanpa sebab. Beberapa produk bergaya skandinavian itu lebih ringan dan modern. Kemudian, furnitur gaya ini pun lebih mudah di-styling, berbeda dengan mebel khas Indonesia," paparnya pada Okezone di acara Open Call Indonesia Creation (OCIC) 2019 by Himpunan Desainer Menel Indonesia dan Abbasource di kawasan Jakarta Pusat, Senin (23/9/2019).

Indra melanjutkan, kenapa furnitur Indonesia kurang bisa cocok dengan kediaman yang minimalis, ini karena kebanyakan produk Indonesia 'berat' dan terkesan besar. Jadi, dengan adanya produk tersebut di tengah ruangan, akan membuat suasana menjadi penuh.

Meski begitu, ada siasat yang bisa dilakukan jika Anda tetap ingin membawa sentuhan Indonesia di dekorasi ruangan minimalis. Indra mrnjelaskan, yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan warnanya. Ada baiknya pilih warna yang natural, seperti beige atau cream.

"Jangan sudah ruangan sempit, Anda paksain masukin kursi kayu Indonesia warna hijau yang ditempatkan di belakang dinding dengan wallpaper bunga-bunga. Sesek liatnya nanti," ungkapnya.

Di sisi lain, Indra menekankan, produk Indonesia itu luar biasa bagusnya. Ini bisa dilihat dari material yang digunakan dan juga detail pelengkap yang lebih beragam.

Dia menambahkan, Indonesia itu sangat bisa dibanggakan kayu, rotan, dan bambunya. Tiga item furnitur ini sangat dikuasai Indonesia dan paling laku di luar negeri.

Dengan memaksimalkan kekuatan yang ada, tentu furnitur Indonesia tidak akan kalah bersaing dengan produk mebel Internasional yang sudah 'buka gerai' di Indonesia.

"Kita mestinya bangga dengan apa yang Tuhan berikan di tanah Indonesia ini. Kayu, rotan, dan bambu kita terhampar luas dan itu kenapa harusnya kita bisa memaksimalkan bahan baku yang ada dan mau mengapresiasi produk Indonesia dengan membelinya," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini